Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Air Terjun Timbulun Painan

Air Terjun Timbulun Painan – Pesisir Selatan

Air Terjun Timbulun Painan atau dengan nama lain Air Terjun Pincuran Tujuh Tingkat memiliki keindahan tersendiri, dimana air terjunnya yang terdiri dari 7 tingkatan memiliki bentuk air terjun dan lubuk yang berbeda-beda.  Air terjun ini hulunya berada di areal Taman Nasional Kerinci Seblat dan bermuara ke samudera Indonesia atau di teluk Painan.

Pada air terjun tingkat pertama, air terjun yang pertama kali dijumpai begitu sampai di lokasi, akan dijumpai sebuah lubuk yang agak besar dan bagus untuk mandi.  Di lubuk ini makin ke tengah makin dalam.

Pada tingkat kedua air terjunnya agak melandai dan bergemuruh disela-sela bebatuan.   Disini akan dijumpai pula lubuk yang indah dimana seluruh tebing dan dasarnya terdiri dari batu yang dibentuk oleh alam.

Sedangkan pada tingkat ketiga, air terjunnya tegak lurus kira-kira 15 meter ketingggiannya.  Disini juga akan dijumpai lubuk yang cukup dalam dengan warna airnya agak kehijauan.  Di lubuk ini jarang digunakan untuk mandi dikarenakan  letaknya yang agak jauh dan untuk mencapai tempat ini harus menyeberangi aliran air terjun yang cukup deras.  Selain itu disekitar air terjun terdapat hutan masih cukup lebat dan rimbun.

Walau Air terjun Timbulun tingkat ketiga ini termasuk jarang di kunjungi orang tetapi air terjun ini memiliki pesona tersendiri dibandingkan dengan air terjun  tingkat pertama atau kedua, karena di tempat ini sering tercipta pelangi.

narasumber: goole.com