Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Ancol di Padangpanjang

Libur panjang sekolah tahun ini kian dekat. Biasanya, keluaraga di Sumbar maupun provinsi tetangga lebih memilih pergi ke Jakarta menghabiskan masa liburan ke Dufan Ancol. Namun kini, tak mesti jauh-jauh lagi. Kota Padangpanjang telah menghadirkan Minang Fantasi (Mifan) untuk tempat rekreasi keluarga. Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan bila berkunjung ke Mifan.

Tidak hanya fasilitas water park (permainan air) dan dry park (permainan kering), tetapi Anda juga dapat menikmati sejuknya Kota Padangpanjang. Indahnya taman di sepanjang kota ini juga adat dan budaya daerah ini yang agamis, sehingga cocok dijadikan tempat wisata keluarga.

Mifan berada di bagian barat areal objek wisata Minangkabau Village (Mk V) Silaiangbawah, Padangpanjang. Mifan yang dibangun oleh investor PT. Niagara Fantasi Island (NFI). NFI berpacu menuju dufan terbesar kedua di tanah air. Saat ini, pengunjung Mifan telah dapat menikmati pemandian di kolam khusus wanita, kolam olimpic modifikasi, kolam air hangat, dan kolam anak-anak Mifan juga menyediakan bumper boat, bumper car dan ,i>mini dance untuk memanjakan pengunjung. Tak ketinggalan, di kawasan Mifan tersedia mushalla, restoran dan sejumlah kios menjual oleh-oleh yang dapat dibawa pulang.

Selain santai di Mifan, pengunjung juga dapat menikmati iven tradisi Minangkabau di bagian timur Mk V. Keluarga besar agaknya tepat mengunjungi tempat ini untuk rekreasi, karena areal kawasan ini memiliki luas 10 ha yang dilengkapi dengan pepohonan yang rindang dan beragam. Menikmati bekal di rumah di bawah rindangnya pepohonan, salah satu kebiasaan pengunjung Mk V. Dari MK V, kita juga dapat memandang gagahnya Gunung Merapi dan Singgalang yang menjulang tinggi.

Jika Anda memang tertarik berkunjung ke Mifan Mk V, Anda dapat bergerak dari arah Padang, Bukittinggi, maupun Solok. Mk V hanya berjarak 125 meter selatan jalan raya Padang-Bukittinggi, bisa lewat jembatan gantung. Managing Director PT. NFI, Faisal Zakir menyatakan, mulai Juni mendatang, pengunjung Mifan akan dimanjakan dengan berbagai pertunjukan seni setiap Sabtu dan Minggu. Pertunjukan dilakukan di Medan Nan Bapaneh MK V.

Mempertahankan julukan Kota Serambi Mekah, pihak pengelola menghadirkan berbagai fasilitas yang tidak keluar dari konsep pariwisata keluarga Islami. Konsep ini dapat dilihat dari kehadiran mushalla permanen, maupun menghadirkan kolam mandi khusus wanita.

“Selain wanita dilarang masuk, sehingga aurat mereka terjaga,” ujar Faizal. Mk V, tidak menerima tamu berpasangan, kecuali suami istri yang dibuktikan dengan surat nikah atau pengunjung rombongan. Pengelola tidak ingin, objek wisata ini dijadikan tempat mesum bagi muda-mudi yang berpasang-pasangan.

Tak hanya pemandangan alamnya saja menawan, tetapi Padangpanjang juga menyajikan aneka masakan di rumah makan serta restoran yang sungguh mengundang selera. Mulai dari Silaiang Bawah di jalan utama Padang- Padangpanjang, sejumlah restaurant dan rumah makan. Di antaranya Rumah Makan Pak Datuk Dumai. Aneka juice, buah segar, pangek ikan patin, goreng bilih dan dendeng basah, serta masakan favorit lainnya tersedia di sini.

Sejak Februari lalau, pecinta wisata kuliner di kota ini semakin dimanjakan. Rumah makan Simpang Raya Bogor dengan interior tiga dimensi (Minang, Timur Tengah dan Eropa), menyediakan aneka lauk pauk. Namun lebih spesifik dengan ayam pop yang gurih dicampur sambal dan lalapan. Nah, jangan ragu mampir ke rumah makan mewah ini, sebab tak ada istilah mempermainkan tamu dalam soal harga. Semua standar dan terjangkau.

Belum puas bersantap nasi, masih ada daging tusuk yang dibakar alias sate. Untuk yang satu ini siapa yang tak kenal ? Presiden SBY dan sejumlah mentri saja pernah menikmati sate padangpanjang, persisnya di Sate Mak Syukur. (*)