English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Anggaran TdS, Pemko Siapkan Rp610 Juta

Dua Rute Masih Butuh Perbaikan

Pemerintah Kota Padangpanjang menganggarkan Rp610 juta, untuk pelaksanaan Tour de Singkarak (TdS) tahun 2013, sebagai bentuk kesiapan sebagai salah satu daerah tuan rumah etape star dan finish iven balap sepeda tingkat internasional itu.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Porbudpar) Padangpanjang, Syaiful Bahri menyebutkan anggaran yang telah disetujui melalui APBD Kota Padangpanjang tahun 2013 itu, akan dipergunakan untuk sarana dan prasarana kegiatan tersebut.

“Perinciannya tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya, hanya terjadi penambahan anggaran untuk beberapa kegiatan. Hal ini sesuai dengan perhitungan yang rencananya Padangpanjang menjadi lokasi star dan finish,” kata Syaiful Bahri.

Disampaikannya, dari hasil beberapa kali pertemuan yang dilakukan oleh daerah-daerah penyelenggara dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, didapati keputusan untuk lokasi star pertama akan dilakukan di Kota Bukittinggi termasuk penambahan daerah penyelenggara.

“Kita tetap mengajukan kepada pusat untuk menjadi lokasi star dan finish, meski etapenya belum ditetapkan. Karena segala fasilitas sebagai persyaratan daerah penyelenggara telah memadai menurut tim survey beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Syaiful Bahri mengharapkan melalui moment TdS, akan dapat mengangkat citra pariwisata Padangpanjang ke tingkat internasional. Apalagi Padangpanjang sudah menjadi daerah tujuan pariwisata di Sumatera Barat.

Sementara Kepala Dinas Pekerja Umum (PU) Kota Padangpanjang, Defrial menyampaikan jalur-jalur yang masuk dalam rute TdS di kota tersebut dapat dipastikan tidak ada masalah. Hanya beberpa titik saja yang perlu pengerjaan sebelum iven dunia tersebut digelar.

Salah satu jalur yang masuk dalam status rencana proyek kota, disampaikan hanya Jalan Kamarullah dari simpang MTsN Ganting ke arah Terminal Bukitsurungan dan pengerjaannya akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Sementara lainnya, jalur dari Simpang Lapan menuju RSUD Padangpanjang yang berstatus jalan nasional, juga butuh perbaikan.

“Namun secara prinsip terkait fasilitas jalan rute TdS, Padangpanjang tidak ada terkendala. Selain jalan kawasan terminal itu, pada umumnya dalam kondisi bagus. Artinya Padangpanjang siap sebagai daerah penyelenggara TdS,” tegas Defrial terpisah melalui ponselnya. (*)

SUMBER : Padang Today Berita Olah Raga Kamis, 14/02/2013 – 17:00 WIB Yuwardi 203 klik