Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Bagindo Fahmi

bagindo-fachmiDR H Bagindo Fachmi SH MH

Bagindo Fahmi tampil sebagai pengacara Irman Gusman. Sosok yang dikenal sebagai jaksa, sekarang berprofesi sebagai pengacara. Tetap berada tetap di bidang hukum namun posisinya berseberangan kalau tampil di pengadilan.

Inilah sosok Bagindo Fahmi ketika menjabat sebagai Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat. Keputusan Jaksa Agung Nomor 121/A/JA/09 tertanggal 15 September 2010, yang diumumkan, Kamis (23/9/2010) kemarin, menetapkan DR H Bagindo Fachmi SH MH, sebagai Kepala Kejati Sumbar, menggantikan AK Basuni,SH MH, yang selanjutnya akan menjabat Direktur Ekonomi dan Keuangan Kejaksaan Agung.

Dari informasi yang diperoleh dari Kejaksaan Agung, selain penugasan Fachmi dan Basuni, juga ditetapkan 22 pejabat eselon lain, yang akan menjabat sejumlah jabatan di jajaran Kejaksaan Agung, serta Kejaksaan di seluruh Indonesia.

Fachmi, sebelum ini, menjabat sebagai Direktur Tata Usaha Negara, Jamdatun. Sebelumnya, putra Pariaman yang sempat lolos 7 besar calon Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, pernah menjabat Direktur Ekonomi dan Keuangan yang akan dijabat Basuni, juga pernah sebagai Kepala Pusat Statistik Kriminal (Pustakrim) Kejaksaan Agung, serta pernah pula menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tenggara di Kendari.

Bagi lingkungan Kejati Sumatera Barat sendiri, kehadiran Bagindo Fachmi, sudah tidak asing lagi. Ia pernah bertugas di sini sebagai Wakil Kepala Kejati Sumatera Barat, setelah sebelumnya dipercaya sebagai Aspidsus Kejati Sumut. Bahkan di tahun 90-an, Fachmi sempat menjabat Kasi Intel Kejari Sawahlunto Sijunjung.

Dalam kariernya sebagai jaksa, alumni STM Pariaman, yang sempat tertembus peluru bagian pahanya, karena mendemo seorang camat yang terlibat korupsi minyak tanah di Pariaman sempat menjadi jaksa penuntut umum sejumlah kasus-kasus besar yang merugikan uang negara, dengan melibatkan orang-orang penting di negeri ini. Seperti, Tomy Soeharto, Akbar Tanjung, Ginanjar Kartasasmita, serta mantan Kabulog Bedu Amang.

Kepada POSMETRO (Group PadangToday) di ujung telepon selulernya sore kemarin, Fachmi menyatakan siap untuk kembali bertugas di Padang.”Bagi saya dimanapun bertugas dan dipercayakan, sesuai komitmen kejaksaan, siap memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ujar alumni S-3 Fakultas Hukum Universitas Padjajaran itu lagi, sembari berharap juga dukungan dan partisipasi masyarakat dalam penegakan hukum di daerah ini. (*)