Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Batu Runciang, Wisata Batu Kapur dari Kota Sawahlunto

Sawahlunto – Linda (30) tak henti-hentinya mengabadikan keindahan Batu Runcing dengan berswafoto. Perempuan yang datang bersama temannya itu takjub dengan keindahan alam yang disuguhkan Batu Runcing.

Berada di ketinggian dan dari kawasan Batu Runciang, bisa melihat jalan Lintas Sumatera dilalui kendaraan yang lalu lalang, serta menikmati keindahan sebagian Kota Sawahlunto yang dikelilingi hamparan hijau bukit-bukit.

Linda merupakan warga Sawahlunto dan sering ke kawasan Batu Runcing. Dia mengatakan pesona Sawahlunto tak ada habis-habisnya untuk ditelusuri. “Batu-batu besar yang menjulang dan runcing cocok sekali untuk berswafoto dan tentunya diunggah ke media sosial,” katanya.

Kawasan Batu Runcing atau Batu Unciang sebutan bagi masyarakat setempat itu disematkan karena terdapat tumpukan batu karst (kapur) yang sebagian meruncing. Kawasan Batu Runcing Runcing terletak di Dusun Sungai Cacang, Desa Silungkang Oso, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto.

Untuk sampai di kawasan Batu Runciang, dibutuhkan waktu sekitar lima belas menit dari jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Jalan Lintas Tengah KM 20, Silungkang Oso, Simpang Puskesmas Silungkang. Anda akan menelusuri jalan menanjak dengan lebar jalan kurang lebih 3 meter. Namun tak perlu khawatir, kendaraan roda dua dan empat sudah bisa melewatinya karena ditunjang dengan akses jalan yang sudah beraspal.

Kawasan ini baru dibuka sejak 2016 oleh masyarakat setempat secara swadaya. Meski begitu, pengunjung yang datang tidak dipungut biaya apapun baik biaya masuk maupun biaya parkir.

Menurut Zulkifli (50), sebagai orang yang dituakan di Dusun Sungai Cacang. Belum ada kesepakatan bersama untuk memungut biaya masuk ke kawasan Batu Runciang. “Yang penting anak kemenakannya bisa berjualan di kawasan ini. Ini sudah membantu perekonomian kami,” katanya.

Selain untuk wisata, kawasan Batu Runcing juga dijadikan tempat paling bagus buat yang hobi panjat tebing. “Disini baik atlet maupun yang hobi panjat tebing sering kesini untuk melakukan hobinya,” terang Zulkifli.

Sumber : klikpositif.com