English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Cendol dan Soto Sidi Lelo

Perpaduan yang nikmat dan lezat. Cendol durian dan soto. Minuman dan makanan itu adalah satu-satunya menu yang tersedia di petak milik Asrizal Sidi Lelo di halaman Matahari Departemen Store, Padang. Namun, tendanya tak pernah sepi pengunjung. Apalagi kalau bukan cendol dan sotonya yang dicari pengunjung.

Saat ini memang banyak warung dan gerai yang menawarkan resep cendol dan soto dalam menunya. Namun, Memulai usahanya sejak sembilan tahun lalu setelah belajar dari pamannya, ia didukung istri dan belasan pekerjanya senantiasa setia menyiapkan ratusan gelas cendol dan piring soto setiap harinya. Cendol sagu durian dilengkapi ketan putih tentunya pasangan yang cocok setelah melahap soto yang hangat.

Walaupun Padang terkenal sebagai kota dengan cuaca panas, soto tentunya kurang akrab dengan kondisi tubuh. Tapi tunggu dulu. Jika didampingi cendol tentunya perpadunan ini akan bikin ngiler. Terus terang sewaktu singgah di petak milik Asrizal Sidi Lelo ini kita akan rada kalap. Pasalnya, tempatnya terbatas sementara pengunjungnya tak pernah sepi. Namun, rasa kalap tersebut akan segera sirna setelah menyantap soto dan menghabiskan cendol sagu durian.

Jangan cemas dulu. Pelayan-pelayan yang tak kurang dari 20-an orang akan segara mendatangi anda. “Sejak dibuka pukul 13.00 hingga tutup pukul 18.00 WIB, Alhamdulillah warung saya tak pernah sepi. Kami akan merasa menyesal dan sedih sekali jika ada satu pembeli yang terpaksa berlalu karena tidak terlayani,” ujar Sidi.

Tak lama duduk atau menunggu pesanan anda dihidangkan atau dibungkus, aroma durian dan soto yang hangat akan segera menemani anda. Penasaran ingin tahu seperti apa soto yang dihidangkan? Bayangkan saja kombinasi kuah soto yang tak pelit bumbu dan irisan daging dan bihun yang empuk singgah di lidah anda. Bagi yang ingin ditemani nasi putih, tak usah ragu. Cita rasa soto akan semakin kaya dengan renyahnya kerupuk merah dan melinjo.

Tak lama, Es Cendol Durian yang tentunya datang setelah anda pesan yang kami pesan sampai, siap untuk disantap setelah soto tadi diam diperut anda. Persis seperti yang anda bayangkan, Es cendol yang dihidangkan dalam gelas tersebut sangat cocok menutup sanatapan anda kali ini. Dipadu dengan ketan dan sirop enau plus serutan es batu rasanya bikin segar. Rasa panas yang sejak tadi menggelayuti pun kini perlahan menghilang.

Rasanya tak salah singgah kesini. Setelah membuat lidah bergoyang, untuk soto harganya cukup Rp7 ribu saja. Seporsi cendol pun hanya dikenai biaya Rp4 ribu saja.Masih ada yang bilang mahal? Jangan pelit begitu dong… Jangan hanya membayangkan ilernya jatuh tuh. Cukup dengan Rp11 ribu saja anda akan memperoleh seporsi soto dan satu gelas Es Cendol Durian. Nah, tak mahal bukan? Hmm… berhubung masih musim durian buruan ke Warung Sidi Lelo.(*)