Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Danau Kembar

Danau Kembar Resort berjarak 56 Km dari kota Padang atau memakan waktu lebih kurang.1 jam untuk sampai ke lokasi menggunakan kendaraan roda-2 dan roda-4. Begitupun bila ditempuh dari Kota Solok, tak bertikai jauh. Menuju ke lokasi setelah lepas dari simpang Lubuk Selasiah atau persisnya memasuki kawasan, anda mulai menghirup udara segar dan sejuk pegunungan. Kondisi jalan yang ditempuh umumnya telah beraspal baik, dengan lebar badan jalan sangat memadai untuk dilintasi kendaraan roda-4 dari jalur yang berlawanan.

Sampai di lokasi, pintu masuk yang dijaga petugas telah menanti, yang sekaligus berfungsi sebagai loket pembayaran tiket masuk. Perjalanan diteruskan hingga convention hall, dan selanjutnya bertemu lagi dengan petugas yang khusus mengelola parkir. Selanjutnya, tinggal memilih sudut lokasi dalam areal objek yang cukup luas untuk bersantai. Kalau bersama keluarga untuk waktu tinggal relatif lama, bisa saja menyewa vila atau cottage. Atau kalau tidak, cukup hanya membentang tikar di atas lahan rerumputan hijau menghadap ke danau.

Sejumlah pondok menghadap danau tersedia pula dan bisa dimanfaatkan. Kegiatan selanjutnya, bisa bercengkerama santai bersama keluarga, membuat acara tersendiri seperti berfoto ria, berjalan-jalan ke sejumlah sudut lokasi dan kegiatan lainnya. Letih dari semua itu, sebaiknya gunakan waktu untuk makan bersama. Bekal bisa saja disiapkan dari rumah atau dibeli di rumah makan/restoran dalam perjalanan menuju lokasi. Udara sejuk dan segar dengan angin berhembus sepoi-sepoi dan sesekali kencang serta pemandangan lepas ke danau, menambah nikmat bersantap.

Setelah usai, sempurnakan rekreasi dengan bermain air danau. Tersedia perahu/sampan yang bisa ditumpangi dengan membayar jasa kepada pemilik yang setia membawa jalan kemanapun. Mungkin, ingin menyeberangi danau mencapai lokasi seberang untuk sekadar mengetahui kehidupan masyarakat di lingkung danau. Dan jangan lupa membeli oleh-oleh buah khas Alahan Panjang (Kecamatan Lembah Gumanti) yaitu buah markisa setiba di lokasi tertentu. Atau, ikan khas air Danau Kembar yang sengaja di tangkap warga setempat mempergunakan jaring atau keramba. (*)