English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Demi Kesehatan Warga, Gubernur Imbau Tutup Tempat Wisata di Libur Akhir Tahun

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor : 06/ED/GSB/2020, tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pada Libur Hari Raya Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021.

Imbauan itu diambil berdasarkan hasil rapat persiapan pengamanan tahun baru 2021 antara kepolisian daerah dengan pemprov Sumbar dan tindak lanjut Perda No. 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam pencegahan dan pengendalian Virus Covid-19

Dalam surat surat edaran tertanggal 29 Desember 2020, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, Desember 2020 mengimbau kepada Bupati/Walikota se Sumatera Barat untuk menutup tempat wisata dari tanggal 31 Desember 2020 – 3 Januari 20201. Namun dalam surat itu masih membolehkan rumah makan, restoran dan cafe buka danhanya melayani membawa makanan pulang (take away).

Pada poin ketiga, pengawasan untuk penerapan edaran ini dikoordinasikan oleh pemerintah daerah, kepolisian dan penegak hukum di daerah masing-masing.

“Perayaan Natal dan Tahun Baru perlu menjadi perhatian kita bersama. Karena di dalam perayaan keagamaan dan tahun baru tentunya akan memunculkan tempat-tempat kerumunan. Ini perlu kita antisipasi dini,” katanya beberapa hari sebelumnya dikutip dari media.

Sebelumnya dalam SE No. 05 tentang hal yang sama, tanggal 21 Desember 2020 Gubernur mengeluarkan imbauan untuk memperketat protokol kesehatan di saaat liburan tahun baru.

Diprediksi akan terjadi peningkatan arus kunjungan ke Sumbar dan tingginya potensi kerumunan masyarakat selama libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021. Kerumunan yang terjadi berpotensi meningkatkan penyebaran virus Covid-19.

“Untuk itu kita terapkan protokol kesehatan agar masyarakat dalam perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru berlangsung dengan lancar dan aman, sehingga terhindar dari Covid-19,”katanya. (*)