English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Destinasi Wisata di Sumbar

Destinasi wisata di Sumatera Barat (Sumbar) yang digandrungi Wisawatan nusantara (Wisnu) secara dominan dalam hal jumlah kunjungan setidaknya ada di enam daerah dan untuk kunjungan wisatawan mancanegara, kepulauan Mentawai masih menjadi primadona.

Dengan hal ini berdasarkan catatan Dinas Pariwisata (Dispar) Sumbar. Seperti disampaikan Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata, Doni Hendra, Selasa (17/8/2021).

Doni mengatakan kunjungan Wisnu dalam jumlah besar itu ada di enam daerah. Ia merinci, pertama di Kabupaten Limapuluh Kota dengan objek wisata Lembah Harau dan destinasi wisata sekitarnya. Kedua, Kota Bukittinggi dengan destinasi Jam Gadang dan objek wisata di sekitarnya.

Dengan ketiga, Kota Sawahlunto dengan destinasi wisata heritage, Ombilin Coal Mining Heritage. Lalu, Kota Pariaman dengan destinasi wisata Pulau Angso Duo dan objek lain disekitarnya.

Sementara, Kabupaten Pesisir Selatan dengan objek wisata Pulau Mandeh, Carocok dan objek lain disekitarnya. Terkahir, Kota Padang dengan objek kawasan terpadu pantai Padang dan objek lain disekitarnya.

“Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, jumlah kunjungan terbanyak di Sumbar yaitu kepulauan Mentawai, dengan incaran ombak besar saat melakukan aktivitas berselancar dilaut,” ucap Doni.

Ditengah lesunya industri pariwisata, pihaknya lebih fokus terhadap tiga program dalam sektor penguatan destinasi wisata unggulan ditiap kabupaten/kota.

“Masa pandemi ini kami lebih fokus pada pembenahan destinasi wisata unggulan serta penguatan ekonomi kreatif. Mulai dari penguatan Sumber Daya manusia (SDM) pariwisata, memperbaiki destinasi wisata dan membuat regulasi kepariwisataan,” tuturnya dilansir dari harianhaluan.com.