English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Dispar Sumbar Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan TdS 2021

Novrial mengatakan, semangat untuk melaksanakan TdS 2021 ini juga bertambah, setelah mendapat informasi dari Tim Tehnis ISSI bahwa etape pelaksanaan tidak harus sebanyak TdS sebelumnya, Federasi Balap Sepeda Internasional UCI mengizinkan minimal 2 Etape dilaksanakan. Sementara itu Ketua Umum Pengprov ISSI Prof.

James Hellyward yang juga dikenal sebagai salah satu inisiator pelaksanaan TdS pertama kali pada tahun 2009 menyampaikan bahwa TdS telah menjadi salah satu ikon Balap Sepeda bukan saja ditingkat Nasional, namun sudah di level Asia.

Sementara, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Jambi Muktamar Hamdi memberikan sambutan mewakili Provinsi Jambi menuturkan banyak sekali manfaat yang telah didapat oleh Jambi terutama bagi Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh sebagai peserta TdS.

“Kami merasakan sekali dampak positif atas keikutsertaan Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh pada Tour de Singkarak 2019. Diantaranya adalah saat ini telah terbangun Hotel berbintang 3 di Kerinci. Ruas jalan Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota juga teraspal mulus. Melihat manfaat TdS ini dua Kabupaten lagi di Provinsi Jambi yaitu Kabupaten Merangin dan Kabupaten Muara Jambi sudah mengutarakan keinginan kuatnya untuk ikut serta pada TdS,” Ujar Muktamar bersemangat.

Kemudian, Tim Teknis ISSI mempresentasikan berbagai rencana tehnis pelaksanaan TdS 2021. Selain pelaksanaan 2 atau lebih etape Community Race Cycling for All yang diberi nama Singkarak Grand Fondo, hal baru yang akan diimplementasikan adalah pemakaian aplikasi untuk mendata pengunjung dan tamu undangan yang hadir disetiap venue secara online. Berbagai kegunaan aplikasi ini antara lain adalah untuk mendata dampak ekonomi “trickle down effect” dari pelaksanaan TdS dengan cara pemakaian aplikasi sebagai metode pembayaran “cashless payment” untuk bertransaksi di tenant dan merchant yang terlibat secara resmi.