English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Dragon Boat Seri II Dapat Digelar di Natuna

PADANG – Festival Dragon Boat Internasional sudah menjadi ikon Kota Padang dan telah digelar sebanyak 12 kali. Menurut rencana, iven itu juga akan digelar di Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Hal itu diungkapkan Walikota Padang Fauzi Bahar saat menjamu Panglima Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) di Palanta Kediaman Walikota Padang, Rabu (13/2) malam.

Walikota mengatakan, ada wacana untuk menggelar iven Dragon Boat pada momen latihan militer multilateral yang bakal berlangsung di Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau pada bulan Oktober nanti.

“Gayung bersambut, Panglima justru menawarkan agar iven ini diusung ke Kepri dengan peserta semua negara – negara Asia Pasific yang terlibat dalam latihan multilateral tersebut,” ujarnya kepada padangmedia.com.

Fauzi menyebut, Dragon Boat yang di Natuna merupakan seri dari Dragon Boat yang di Padang atau disebut Festival Dragon Boat seri II.

“Untuk peserta dari Kota Padang kita tinggal memboyong pedayung dan peralatan yang ada,” katanya.

Sementara itu, Pangarmabar Laksamana Muda TNI Arief Budianto mengatakan, iven Dragon Boat merupakan marwah kita sebagai negara maritim di mata internasional. Dengan adanya iven yang telah digelar di Padang selama ini tinggal meneruskan untuk wilayah – wilayah lain agar iven tersebut bisa berkembang lebih luas di negara ini.

“Tapi, untuk mempersiapkan ini harus dimulai dari waktu dekat ini agar segala sesuatunya dapat berjalan lancar pada penyelenggaraannya nanti,” ujarnya.

Panglima juga menyebut, negara – negara yang bakal terlibat di antaranya negara – negara Asean, China, India, Australia dan Amerika Serikat.

“Setidaknya, 18 negara dengan 400 kapal militer akan hadir di laut Natuna,” tandasnya. (CB)