English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Event Pesona Hoyak Tabuik Piaman Diundur

Event tahunan Pesona Hoyak Tabuik Piaman diundur hingga tahun 2021 mendatang. Hal ini telah disepakati oleh para tokoh adat dan budaya yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pasa dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) V Koto Air Pampan saat duduk bersama dengan Pemko Pariaman.

Acara akbar Hoyak Tabuik ini memang memberikan pesona yang luar biasa dengan mengundang banyak perhatian masyarakat, baik dari Kota Pariaman maupun daerah lain yang ada di Sumatera Barat. Bahkan, ada juga yang datang dari luar Sumbar untuk menyaksikan pagelaran budaya tersebut.

Terkait event tersebut, tahun 2020 ini dalam jadwalnya semula akan berlangsung pada 21 Agustus hingga 31 Agustus mendatang. Namun, setelah ada kata mufakat, acara tersebut diundur hingga tahun 2021, hal ini diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

Sebelumnya, telah dilakukan duduk bersama, mencari kata mufakat oleh para niniak mamak, Tuo Tabuik Pasa dan Tuo Tabuik Subarang di ruang rapat Walikota Pariaman dan dihadiri langsung oleh Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Sekdako Pariaman dan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Alfian berlangsung pada Kamis (16/7).

Ketua KAN Pasa, Firman Zuhri Darab perwakilan dari Tuo Tabuik yang sekaligus juru bicara mengungkapkan, berhubung saat ini beberapa daerah di Sumbar dan luar Sumbar masih dalam kondisi zona merah, membuat para tokoh adat Piaman dan niniak mamak tersebut menyepakati untuk mengundur event tahunan Pesona Hoyak Tabuik Piaman tahun 2020 ini ke tahun 2021 mendatang,dan tidak dilaksanakan tahun 2020 ini.

Firman Zuhri Darab juga mengakui, bahwa untuk Kota Pariaman saat ini memang sudah nol kasus positif Covid-19, tapi kita juga menyadari para pengunjung event ini nantinya yang akan datang, bahkan sampai puluhan ribu orang juga berasal dari luar Kota Pariaman.

“Bahkan, ada yang dari luar Provinsi Sumbar. Baik itu para perantau Pariaman yang hendak pulang kampung di masa tabuik, ataupun para wisatawan yang akan datang nantinya ke Pariaman,” ujar Firman Zuhri Darab.

Dengan begitu, kata Firman Zuhri, kita tidak dapat menjamin, membendung puluhan ribu orang yang datang dan juga kita menyadari bahwa protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah akan terlanggar.

Sementara, Walikota Pariaman, Genius Umar mengungkapkan, atas nama Pemko Pariaman, saya apresiasi langkah bijak yang disepakati oleh para tokoh niniak mamak dan Tuo Tabuik dalam mengantisipasi dan memutus mata rantai wabah Covid-19 yang akan menyebar di Kota Pariaman.

Event Pesona Hoyak Tabuik Piaman ini masuk ke dalam Calender of Event (CoE) West Sumatra 2020 digelar pada 1 – 15 September 2020.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata Sumbar menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email: news@sumbar.travel

Informasi resmi Dinas Pariwisata Sumbar, bisa didapatkan di http://dispar.sumbarprov.go.id/