Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Fakultas Pariwisata UMSB Bukittinggi Dinilai Tim Asesor BAN PT


Bukittinggi – Program studi D IV Perhotelan dan program studi D IV Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Kota Bukittinggi, Rabu (23/11) mendapat penilaian dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang dilakukan Dr.Diena M.Lemy, A.Par, MM. dari STP Pelita Harapan Tangerang dan Fetty Asmaniati, SE,MM dari STP Trisakti Jakarta.

Tim asesor itu melakukan penilaian di kampus fakultas pariwisata UMSB kota Bukittinggi selama 3 hari, dimulai dari tanggal 21 hingga 23 November 2016, Penilaian tersebut guna peningkatan agreditasi dari sebelumnya untuk kelembagaan institusi pendidikan fakultas pariwisata UMSB kota Bukittinggi, usai penilaian, Diena M.Lemy mengatakan saat dikonfirmasi bahwa Standard Penjamin Mutu Internal (SPMI) telah diundang-undangkan Pemerintah, jadi bukan lagi suatu pilihan untuk sebuah perguruan tinggi untuk melaksanakan itu, ini sudah kewajiban.

Sekarang yang harus dilakukan bagaimana setiap program studi pada perguruan tinggi memulainya, karena memang penjaminan mutu itu merupakan suatu sikap perilaku sehari-hari dan bukan karena keterpaksaan. Jadi membangunnya tidak mudah, artinya tidak bisa hanya semalam atau sebulan, tapi memang semua pelaku pendidikan perguruan tinggi dituntut untuk profesional.

“Sekarang Pemerintah sedang serius terhadap perguruan tinggi di Indonesia, supaya tidak tertinggal dari pendidikan tinggi di luar negeri,” ucap Diena M.Lemy.

Diapun merasa kagum terhadap fakultas pariwisata UMSB kota Bukittinggi yang mana kampus yang sangat nyaman dan sejuk, serta dekan, dosen dan juga para mahasiswanya merasakan satu kesatuan ibarat satu keluarga.

Sedangkan Fetty menjelaskan bahwa pariwisata kini sedang booming, karena pemerintah kini sedang menggalakkan pariwisata untuk mendatangkan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Jadi harus ada saling keterkaitan antara industri pariwisata dengan institusi pendidikan, seperti pendidikan yang bergerak di bidang pariwisata, maka dari itu harus betul-betul menyiapkan SDM yang siap untuk berkiprah di dunia pariwisata.

Harapan Fetty dengan adanya pemahaman dari dunia pendidikan dalam hal ini pariwisata, kami yakin apa yang menjadikan target dari pemerintah untuk kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara, mudah-mudahan bisa mencapai target. Lanjut Fetty, mengenai peminat tamatan SLTA sederajat maupun masyarakat umum yang ingin masuk pada pendidikan pariwisata sangat melonjak, karena pariwisata kini menjadi primadona.

Sementara itu Dekan Fakultas Pariwisata UMSB, Muhammad Abdi, SE,MM. menjelaskan, ini mungkin suatu Rahmat, karena secara kebetulan dua prodi sekaligus dinilai untuk peningkatan agreditasi dan juga tim asesor itu pernah ke kampus pada penilaian sebelumnya, lanjut Abdi sapaan akrabnya, dekan, dosen dan mahasiswa berjibaku menyelesaikan semua yang akan diperlukan tim asesor, termasuk merapikan semua lingkungan kampus. Nampak sekali kekeluargaan yang sangat dekat sekali, sehingga merasakan seperti keluarga, dengan harapan dan doa bersama, semoga fakultas pariwisata UMSB kota Bukittinggi mendapatkan peningkatan agreditasi dari sebelumnya. pungkas Abdi