Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Festival Titik Kulminasi

Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang berada tepat di garis khatulistiwa. Perayaan ini diadakan dua kali dalam setahun, ketika matahari benar – benar berada di atas Pasaman Barat.

Saat itu seluruh bayangan yang ada di titik kulminasi tidak akan terlihat. Saat itu seluruh bayangan yang ada di titik kulminasi tidak akan terlihat. Banyak juga masyarakat melakukan atraksi unik lainnya, seperti telur ayam akan mudah berdiri tegak, pada saat tersebut

Peristiwa titik kulminasi matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.

Di Pasaman Barat, fenomena ini menjadi festival untuk menarik minat wisatawan datang ke daerah ini. Perayaan biasa dilaksanakan di dekat tugu khatulistiwa yang sudah dibangun di Pantai Muaro Sasak.

Kegiatan Festival

Perayaan titik kulminasi diramaikan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, penanaman pohon buah-buahan dan pohon pelindung di tepi pantai Muaro Sasak. Selain itu juga ditampilkan atraksi kesenian berupa gondang tasa, festival layang-layang darek, lomba silat gelombang dan pertandingan olahraga.

Di Pantai Muaro Sasak juga dilengkapi dengan fasilitas konservasi penyu, cemara laut dan membangun home stay untuk mendukung pariwisata. Selain itu juga dibangun areal bermain untuk anak-anak di sekitar tugu titik kulminasi.

KALENDER EVENT (AGENDA)

Tahun 2018 : Peresmian Titik Kulminasi di Kecamatan Sasak, Pasbar pada 22 Maret 2018.

Tahun 2019 : Diadakan pada 20-22 September 2019.

Check CoE Sumbar tahun 2019 : http://sumbar.travel/agenda/