English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Gendang Tour de Singkarak Sudah Ditabuh Sawahlunto Beri Warna yang Berbeda

tds 1GendangSample Image launching Tour de Singkarak sudah dipukul pada Minggu (30/3) oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar bersama jajaran kepala daerah kabupaten/kota se Sumatera Barat di Basko Grand Mall, Kota padang. Ini menandakan, provinsi ini kembali menjadi penyelenggara event international dalam penyelenggaraan oleh raga balap sepeda. Begitu juga dengan Kota Sawahlunto yang selalu dilewati oleh pebalap setiap kali event ini digelar.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, event Tour de Singkarak tahun 2014 ini memberi warna yang berbeda kepada Kota Arang. Kota ini akan dilalui pembalap sebanyak dua kali, yaitu pada stage 6 tanggal 12 Juni, dengan rute Padang Panjang – Kota Solok, melewati Kota Sawahlunto dan stage 8 tanggal 14 Juni dengan rute Sawahlunto – Solok Selatan.

tds 3Sapta Nirwandar dalam papaSample Imagerannya pada konferensi pers di Hotel Basko, Padang mengatakan, rute-rute yang telah disusun diharapkan dapat menjadi kajian mendalam bagi kepala daerah. Tidak hanya kesiapan infrastruktur jalan yang dilalui pebalap, hal keamanan hingga kuliner juga harus diperhatikan. “Sejauh ini Tour de Singkarak sudah menjadi agenda international, persaingan semakin ketat. Untuk itu, jaga kualitas event ini,” tegas Sapta.

Untuk rute sendiri, Tour de Singkarak kembali melewati 18 kabupaten/kota, kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sedangkan jarak tempuh yang akan dilalui oleh pembalap sebanyak 1.250 km. Sementara akan ada 25 negara yang ikut andil dalam event ini dengan 20 tim.

Sawahlunto Tampil Maksimal
Pada saat launching Tour de Singkarak, tim kesenian Kota Sawahlunto juga memberi warna yang berbeda dan bahkan lebih menarik. Tim kesenian yang diwakili oleh Sanggar Parmato Hitam ini menyuguhkan tarian ronggeng, yang terlihat berbda dengan tim kesenian daerah lain.

Meski berbeda dengan daerah lain, apresiasi dari penonton yang memadati arena launching Tour de Singkarak di Basko Grand Mall terlihat antusias. Riuah tepuk tangan dari penonton menggema ketika tari ronggeng yang ditampilkan oleh Sanggar Parmato Hitam selesai.

Berama dengan tim kesenian lain dari daerah-daerah yang dilalui pembalap Tour de Singkarak, acara launching yang baru pertama kali dilangsungkan di Sumatera Barat ini tampil maksimal. Seluruh tim memberikan penampilan terbaik mereka guna memeriahkan event tahunan dengan skala international ini.

SUMBER : SawahluntoTourism – Selasa, 1 April 2014