Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Ini Dia Wajah Rumah Pohon di Ngarai Sianok Sumbar


Sumbar – keberadaan Rumah Pohon di kawasan Ngarai Sianok. Meski baru beroperasi semenjak 1 Agustus 2016, namun tempat ini menjadi primadona baru bagi banyak kalangan. Bahkan tak sedikit yang datang ke sana hanya untuk mengabadikan gambar atau sekedar untuk selfie. Lalu, seperti apakah Rumah Pohon itu?

Rumah Pohon bukanlah rumah warga setempat atau tempat penginapan bagi para tamu. Tapi Rumah Pohon adalah sebuah kafe dan resto, yang bernama Rumah Pohon Abdul Kafe dan Resto. Ada dua ruangan yang dibangun menyatu di atas pohon, yang bisa disewa oleh pengunjung, yakni ruangan VIP yang berukuran sekitar 3×7 meter, serta ruangan VVIP yang berukuran sekitar 3×3 meter.

Untuk sewa ruangan VIP dengan kapasitas 20 orang dipatok tarif Rp15 ribu per-orang selama dua jam, di luar biaya makan dan minum yang dipesan. Sedangkan sewa ruangan VVIP tidak dipatok per-orang, tapi hanya sewa tempat sebesar Rp100 ribu selama dua jam, di luar harga makan dan minum yang dipesan. Sewa ruangan ini juga berbatas limit selama dua jam.

Jika dilihat, interior kedua ruangan itu tidaklah jauh berbeda. Yang membedakan hanya ukuran saja. Dalam ruangan pohon itu ada meja yang terbuat dari bahan batang kelapa yang menyatu dengan pohon, sementara dinding terbuat dari triplek dari Kayu Jati. Tapi bagian luar dinding tetap dilapis dengan bahan batang kelapa.

Jika anda berada di tempat ini, mata anda akan dimanjakan dengan keindahan alam yang mempesona. Hamparan sawah yang hijau dan luas membuat mata anda jadi sejuk. Tak hanya itu, tebing Ngarai Sianok yang memanjang membuat anda akan terpancing untuk mengabadikan keindahan Tempat ini juga menyediakan aneka makanan dan minuman yang diracik oleh seorang Chef profesional bernama Lufi Jaya Lesmana, yang selama ini menjadi chef di salah satu kapal pesiar ternama di Amerika. Menu yang disajikan itu diantaranya Food Oriental, Continental maupun Traditional dengan harga yang relatif standar, dengan tarif termahal Rp37 ribu per-porsi.

Terletak di jalan pendakian Lambah-Sianok Koto Gadang Kilometer I Kabupaten Agam, Rumah Pohon ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan selama 10 menit perjalanan dari Jam Gadang Bukittinggi. Jika dari Jam Gadang, anda bisa melintasi penurunan Ngarai Sianok hingga ke Nagari Lambah, lalu belok kiri menuju ke arah Koto Gadang. Rumah Pohon itu sendiri berjarak sekitar 100 meter dari atas SDN 14 Lambah.

“Semenjak berdiri sampai sekarang, tempat ini ramai dikunjung. Rata-rata ada sekitar 350 pengunjung per-hari yang datang ke sini. Tempat ini dibuka mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Kami mempersiapkan berbagai fasilitas untuk pengunjung, diantaranya toilet, mushalla, tempat parkir roda dua dan roda empat gratis, serta taman hijau,” tutur Abdul, GM Rumah Pohon Kafe dan Resto.