Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Istano Si Linduang Bulan

Pewaris Kerajaan Pagaruyung SM Taufik Thaib SH mengaku sangat terkejut atas musibah terbakarnya Istano Linduang Bulang, Minggu (21/3/2010) dini lalu. Padahal sorenya ia masih melakukan rapat disana. Namum pada malam hari ia menerima telpon istano tersebut terbakar.

“Istano Silinduang bulan ini dibangun 31 Agutus 1987 dan diresmikan pemakaiannya 23 Desember 1989. Berbagai acara alek budaya digelar di istano ini termasuk penganugerahan gelar sangsako adat yang diberikan kepada putera terbaik, tingkat nasional maupun daerah, “katanya.

Disebutkannya, beberapa orang yang pernah dilewakan disini adalah Alam Johan Berdaulat, Tengku Kamaruzaman  gelar Sangsako yang dipertuan Rajo Nan  Sakti tahun 2003. Sri Sultan Hamengku Bowono yang dipertuan Maharajo Alam Sakti, Zulkifli Nurdin Gubernur Jambi yang diberi gelar Yang dipertuan Maharajo Dewang Sang Guano.

Selain itu juga ada Megawati Mantan presiden RI yang diberi gelar Puti Nilam, Alex Nurdin Gubenur Sumatera Selatan dengan gelar Sri Paduka Baginda, Ketua BPK RI Anwar Nasution dengan gelar Tuanku Rajo Pinayongan Nan Sakti dan terakhir juga diberi gelar anugerah sangsako terhadap 10 tokoh nasional dan daerah termasuk juga kepada Bupati Tanahdatar M Shadiq Pasadigoe.
(*)