English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Kabupaten Agam

Objek dan daya tarik wisata, salah satu objek wisata yang potensial dikabupaten agam adalah kawasan danau maninjau teletak dikacematan tanjung raya, kabupaten agam, sekitar 140 km sebelah utara kota padang, danau ini adalah danau vulkanik yang berada diketinggian 461,50 meter diatas permukaan laut.

luasnya sekitar 99,5 km” dan memiliki kedalam maksimum 495 meter. danau maninjau merupakan sumber air untuk sungai batang sri antokan yang pada hulunya terdapat PLTA maninjau. puncak tertinggi diperbukitan sekitar danau maninjau adalah puncak lawang yang mempunyai ketinggian lebih kurang 1.120 meter diatas permukaan laut dan terletak dikecematan matur,

kabupaten agam pada puncak ini keindahan danau dapat dinikmati secara peneuh untuk bisa mencapai danau maninjau dari kebukittinggi akan melawati jalan bekelok-kelok yang dikenal dengan kelok 44 sepanjang 10 km dari embun pagi sampai kepingir danau maninjau. dipuncak lawang anda pu bisa berjalan-jalan di perkebunan tebu menyaksikan proses perbuatan gula lawang yang masih sangat tradisional.

Salah satu major iven pariwisata yang rutin digelar setiap tahun didaerah ini adalah inven paralayang yang telah berskala internasional dengan terbang (take off) di puncak lawang dan mendarat (landing) di kec. bayur. perserta iven paralayang sebagai wisata minat khusus ini datang dari berbagai provinsi seperti riau, jakarta,surabaya dan mancan negara dianataranya malaysia,singapura, brunei,Australia dan prancis.

wisatawan juga dapat mengunjungi museum rumah kelahiran buya hamka sebagai objek wisata sejarah yang terletak dinagari sungai batang. museum ini didrikan untuk mengkoleksi karya-karya dan barang-barang buya hamka, ulama, pujangga dan pemimpin politik terkemuka disumatera barat.

Jasa makanan dan minuman, didaerah ini menawarkan khas yang berbahan dasar ikan dari danau maninjau yakni ikan rinuk. hasilnya olahanya seperti palai rinuk