English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Kabupaten Limapuluh Kota

Kabupaten Limapuluh Kota memiliki banyak tempat-tempat eksotik untuk dikunjungi.

Apalagi daerah ini berada di dataran tinggi, membuat kabupaten ini menjadi tempat yang kaya dengan destinasi wisata alam.

Selain itu, daerah Limapuluh Kota memiliki cagar budaya, yakni kebudayaan megalitikum (menhir).

Kumpulan ‘batu-batu’ ini terdapat di Desa Mahat, Kecamatan Suliki Gunung Mas. Menhir-menhir tersebut diperkirakan berusia 2.000-6.000 tahun sebelum masehi.

Objek dan Daya Tarik Wisata, Kawasan Lembah Harau merupakan kawasan wisata unggulan kab. 50 Kota yang terdiri dari 3 (tiga) kawasan : Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang. Pada kawasan Lembah Harau yang mempunyai luas 270,5 hektar juga terdapat Taman kupu-kupu (Butterly garden). Objek wisata lainnya adalah kelok 9, dikenal karena rute jalan dengan sembilan tikungan tajam dan panorama yang indah serta dikelilingi kawasan hutan lindung. Jalan ini dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1932.

Untuk meningkatkan akses antar provinsi Sumatera Barat – Riau dan daya tarik wiasata, saat ini telah dan sedang dibangun jembatan layang (fly over), serta sarana pendukung wisata lainya seperti rest area dan pusat oleh-oleh sehingga para wisatawan dapat menikmati panorama kawasan secara utuh.

Daya Tarik Wisata, Potang Balimau yang menjadi calendar iven parawisata merupakan tradisi yang dikenal sebagai mandi berlimau oleh masyarakat 50 Kota dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. selain itu antraksi wisata yang paling unik di daerah ini yaitu Pacu Itiak Terbang. Hal yang paling unik dari lomba ini adalah bahwa lomba ini dilakukan di udara, lintasan lombanya dan panjang dari wilayah terbang adalah 800 m, 1600 m, dan 2000 m. Pemenang lomba adalah itik yang bisa terbang dan mencapai garis finis paling awal.

Jasa Makanan dan Minuman, Dapat ditemui 6 rumah makan di Payakumbu/Kab. 50 Kota yang menyajikan masakan khas Minang. Penganan seperti Galamai (dodol), Batiah, Bareh Randang (Beras Rendang) sebagai makanan khas daerah ini dapat ditemui di pasar-pasar tradisional dan toko oleh-oleh di daerah yang dikunjungi

Jasa Penyediaan Akomodasi dan biro perjalanan, Untuk mendukung keparawisataan, di Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh telah tersedia akomodasi hotel non bintang 12 unit dan 6 biro perjalanan.

Kabupaten lima puluh kota, terletak dibagian timur wilayah provinsi sumatera barat yaitu sekitar 124 km dari kota padang, ditempung dalam waktu lebih kurang 3 jam melalui perjalanan darat. objek wisata dikabupaten 50 kota diataranya kawasan wisata lembah harau dengan taman kupu-kupunya (Butterfly Garden) yang merupakan objek wisata unggulan dan objek wisata wisata budaya rumah gadang sungai baringin. untuk menunjang kepariwisataan di kabupaten 50 kota payokumbuh terdapat akomondasi hotel no bintang 12 unit, 6 biro perjalanan dan rumah makan yang menyediakan makanan tradisional.

lima puluh kota regency, which is located in the eastem side of west sumatera province (app. 124 km from padang), can be reached in 3 hours by road. the tourism objects in lima puluh kota regency includes lembah harau (harau valley) taurism site with its butterfly garden, which is one of primary tourism spots here, and rumah gadang sungai baringin tourism spot. to support tourism in lima puluh kota regency and payakumbuh, there are 12 units of non-star hotel accomodation, 6 travel bureaus and restaurants that serve traditional delicacies.

Profil Daerah:

Daerah : Kabupaten Limapuluh Kota
Provinsi : Sumatera Barat
Website Wisata : https://disparpora.limapuluhkotakab.go.id

Adat dan Budaya:

Info Praktis:

Layanan Publik:

Fasilitas:

  • Hotel/Penginapan
  1. Abdi Homestay
  2. Bio Homestay
  3. Harau Resort
  4. Pilubang Resort
  5. Novi Homestay
  • Transportasi
  • Rumah Makan/Restaurant

Destinasi Utama:

Event Utama:

Kuliner Khas:

  • Bangko
  • Gulai Paluik
  • Sate Danguang-Dangung
  • Kerupuk Kareh Lapan-Lapan
  • Kerupuk Sanjai Baladai
  • Ubi Cincang
  • Kerupuk Baguak
  • Rendang
  • Galamai
  • Rendang Telur