English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Kampung Wisata ‘Sarugo’

Kampung wisata adat saribu gonjong (Sarugo) memiliki keunikan yang menjadi dayatarik bagi wisatan untuk berkunjung. Susunan rumah adat Minangkabau (Rumah Gadang) begitu rapi dan teratur, sementara suasana pedesaan yang masih asli masih terasa di tempat tersebut, udara dingin dari bebukitan membuat suasana semakin damai.

Kampung wisata Sarugo terletak di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Perkampungan adat dengan Rumah Gadang yang padat ini memiliki masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor pertanian, terutama jeruk siam Gunung Omeh yang melimpah dengan luas sekitar 200 hektare.

Penduduknya sangat menjunjung tinggi nilai budaya Minangkabau dan taat akan agama. Ini bisa dilihat dari gonjong pada rumah adatnya, yang hanya memiliki 5 gonjong saja. Hal tersebut merujuk pada jumlah rukun Islam dan menandakan masyarakat setempat khususnya, memiliki ketaatan yang kuat kepada agama Islam.

Kampung ‘Sarugo’ kini telah populer di kalangan masyarakat Sumatera Barat dan nasional, bahkan masuk dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kategori Kampung Adat.