Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Katupek Pitalah

Katupek pitalah, mungkin makanan yang satu ini tidak lagi asing bagi warga Sumatera Barat. Jenis makanan tradisional ini telah begitu melegenda di tengah warga. Hanya saja, saat ini sedikit sulit, menemukan penjual makanan ini. Kalaupun ada di Pasar Raya, banyak yang enggan melangkah ke sana karena becek dan sumpek. Tidak perlu bingung, datang saja ke Jalan Andalas no 2 Padang atau tepatnya di samping Metro AC, tertera dengan jelas dengan mudah ditemui suatu warung dengan merek “Katupek Pitalah”.

Jangan heran kalau usai Shalat Subuh, warung ini telah dikerumuni pembeli yang ingin menikmati katupek pitalah, sebab warung sederhana dan bersih ini telah buka dari pukul 05.30 WIB. Begitu masuk ke dalam warung, wangi khas gulai pitalah menyerbu hidung. Apalagi gulainya disimpan dalam belanga, panci tradisional yang terbuat tanah liat, sehingga kepulan asap dari gulai makin menggoda.

”Gulai sengaja dimasak di atas tungku kayu bakar dengan menggunakan belanga, sebab inilah khasnya serta membuat gulai katupek lebih lezat,” ujar Jasmiarti, pemilik warung katupek pitalah, Jasmiarti. Wanita asli Pitalah, Kabupaten Tanahdatar ini pun segera menghidangkan katupek pitalah dan segelas air putih hangat. Melihat tampilannya, sekilas seperti ketupat biasa, namun begitu mencicipi kuah gulainya, mmmh..gurih.

Tidak terlalu kental namun juga juga tidak terlalu encer, tetapi menggugah selera. Rasa bumbu yang serba pas, dan tidak berlebihan membuat makanan yang biasanya dihidangkan sebagai sarapan pagi ini betul-betul sempurna. Apalagi campuran sayurnya sangat lengkap mulai dari nangka, rebung, kamumu serta daun lobak, perpaduan yang sehat.

Tidak seperti lontong yang dimasak dalam plastik, ketupatnya dimasak dalam sarang ketupat yang berasal dari anyaman daun kelapa sehingga lebih padat dan mengenyangkan, aromanya juga harum. Jangan khawatir masalah harga, tidak bakalan merogoh kocek, cukup dengan Rp 3.500 Anda sudah dapat menikmati sepiring katupek pitalah.

Ingin menikmati aneka makanan tradisional lainnya, disini juga tersedia bubur kacang hijau dan kolak. Tunggu apalagi segera datang dan nikmati, jangan terlambat, nanti kehabisan sebab jenis makanan ini memang paling diburu warga Kota Padang.(*)