English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Kawasan Saribu Rumah Gadang

Kawasan Saribu Rumah Gadang merupakan destinasi budaya yang menjadi salah satu ikon daerah Solok Selatan, Sumatera Barat. Kawasan ini juga menjadi salah satu tempat ekowisata (ekotourism) yang sangat digemari wisatawan.

Kawasan ini berada di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan. Di kawasan ini juga terdapat banyak bangunan rumah tradisional Minangkabau (Rumah Gadang) dengan bentuk ukuran yang bervariasi. Rumah Gadang tersebut masih terawat dan dihuni.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan budaya, bisa langsung ke datang ke daerah ini. Rasakan sendiri sensasi alam Minangkabau yang begitu kental dengan adat dan budaya.

Ratusan rumah adat Minangkabau bisa anda jumpai di perkampungan tradisional tersebut. Pendangan rumah-rumah bagonjong dengan artistik khas Ranah Minang akan terlihat.

Ada beberapa suku yang mendiami kawasan ini, seperti Malayu, Bariang, Durian, Kampai, Panai, Tigo Lareh, Koto Kaciak dan Sikumbang. Setiap suku yang bermukim memiliki rumah gadang kaum.