English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Keindahan air terjun ini membuat suasana Seperti di Luar Negeri


PADANG – Sumatera Barat ternyata masih memiliki sejumlah potensi lain yang masih belum terjamah. Salah satunya adalah air terjun yang ada di Pesisir Selatan ini. Berada di air terjun ini, pengunjung merasa seperti di luar negeri.

Masyarakat yang ada di dekat air terjun ini mengenalnya dengan nama sarasah Siguntua Tuo atau air terjun Siguntua Tuo. Lokasi air terjun ini sendiri memang jauh tersuruk ke dalam hutan di Kanagarian Siguntua, Kabupaten Pesisir Selatan-Sumbar. Dan untuk mencapainya pun tidak begitu sulit karena memang medannya yang datar.

Dari kota Padang, butuh waktu 45 menit untuk sampai ke Kanagarian Siguntua. Kemudian, berjalan kaki ke air terjun dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Sepanjang perjalanan, di sisi kiri dan kanan jalan terlihat pepohonan rimbun yang mengisi hutan tersebut dengan kondisi jalan tanah berbatu.

Setibanya di lokasi air terjun, seketika penat yang dirasakan saat berjalan hilang. Para pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan air terjun dan suasana natural di sekitarnya. Ditambah lagi, air terjun ini belum banyak dikunjungi orang sehingga belum terjamah polusi dan tangan-tangan jahil.

Hijaunya pemandangan serta bersihnya air sungai membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di lokasi ini. Air terjun dengan ketinggian sekitar 60 meter tersebut juga menyimpan sensasi berbeda. Arus yang deras hingga lubuk hijau yang ada di dasar air terjun sangat cocok dinikmati dengan berenang.

Debit air yang jatuh dari puncak air terjun ini cukup tinggi hingga menghasilkan butiran embun air yang tertiup angin. Suasana sejuk langsung terasa saat embun-embun itu menerpa tubuh. Bagi yang lelah dan ingin mencari suasana tenang karena aktifitas bekerja yang melelahkan, bisa menghilangkannya dengan mendatangi sarasah ini.

Endy Oktaria (27), salah seorang wisatawan yang datang ke air terjun ini mengaku sangat puas dan ingin kembali lagi. Bahkan, dia berniat membawa keluarga serta ingin bermalam di sekitar air terjun. Selain itu, membawa makanan yang dibungkus dengan daun pisang ditambah menu sambal lado tanak akan menambah keasyikan mengunjungi tempat ini.