English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

ketenaran lagu “Nasi Padang” mempromosikan kuliner khas Minangkabau


Padang – ketenaran lagu “Nasi Padang” yang diciptakan penyanyi Norwegia, Audun Kvitland untuk mempromosikan kuliner khas Minangkabau ke dunia internasional.

“Ketenaran Nasi Padang akan jadi awal bagus kuliner lainnya mendunia,” kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Asharullah di Padang, Minggu.

Dan juga ia menyebutkan salah satu upaya ini yakni dengan mempromosikan di beragam festival kuliner Indonesia yang digelar di berbagai negara.

Menurutnya tidak hanya Rendang, dalam festival tersebut juga akan dipromosikan beragam jenis panganan lain misal Dendeng Balado, Ayam Singgang, Pangek Masin, Gulai Lauk Karang dan sebagainya.

Upaya ini katanya dilakukan untuk menjelaskan sekaligus mengenalkan bahwa Padang terkenal tidak hanya nasinya yang berbeda yakni “badarai” atau butir nasi lepas-lepas namun juga lauk pauknya.

“Yang terdekat kuliner Padang akan dipromosikan di festival di Norwegia tempat asal Audun,” tambahnya.
Khusus untuk Audun kata wali kota, pihaknya akan mendatangkan penyanyi tersebut pada 1 hingga 5 Desember 2016.

Tujuan mengundang Audun ini bukan hanya untuk memberikan apresiasi atas tenarnya nama Nasi Padang di dunia, melainkan juga mengenalkan secara langsung Nasi Padang beserta lauk pauknya.

Untuk mendatangkan musisi internasional ini pihaknya telah berkoordinasi dengan kedubes Norwegia dan diharapkan kedatangan ini dapat terealisasi.