English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Kompetisi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Dua kampung wisata di Kota Solok yakni Kampung Wisata Payo dan Kampung Wisata Tanjung Paku mengikuti kompetisi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dengan salah seorang pengelola Kampung Wisata Tanjung Paku, Diki Asnur di Solok, Rabu mengatakan kampung wisata yang mengikuti ADWI 2021 ini termasuk dalam kategori desa wisata berkembang.

“Ada beberapa jenis kategori diajang ADWI 2021 ini, yakni kategori rintisan, berkembang, dan mandiri. Kampung wisata kita masuk ke dalam kategori berkembang karena dianggap sudah punya iven dan kegiatan,” ujar dia.

Selanjutnya Asnur menyebutkan kedua objek wisata ini pun telah ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Wali Kota Solok sebagai Kampung Wisata Payo pada 2020 dan Kampung Tanjung Paku pada 2021.

“Semoga kampung wisata Tanjung Paku masuk 50 besar tingkat nasional,” kata dia.

Selain itu, menurutnya saat ini tren perubahan wisata dari Mass Tourism (wisata musiman) beralih ke desa wisata dan itu terjadi di kota-kota besar. Sehingga pengelola pariwisata mesti memaksimalkan potensi yang ada di desa sebagai desa wisata.

Dengan saat ini kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Taman Kitiran sudah naik tingkat dan beralih menjadi Pokdarwis Kampung Wisata Tanjung Paku dan sudah memiliki SK wali kota melalui Dinas Pariwisata.

Sementara itu, di Kampung Wisata Tanjung Paku terdapat wisata kuliner, wisata membatik, wisata agro, wisata pendidikan, wisata olahraga, wisata budaya, dan cagar budaya.

Diki Asnur berharap ke depannya parkembangan sektor pariwisata di Kota Solok akan menjadi lebih bagus, perencanaan yang lebih matang dan masyarakat ikut berpartisipasi.

“Kami berharap pemerintah Kota Solok juga ikut mempromosikannya,” ujar dia dilansir dari antarasumbar.com.

Selanjutnya dengan keikutsertaan kedua kampung wisata Kota Solok dalam ajang ini diharapkan ke depan pariwisata Kota Solok semakin dikenal luas sehingga bisa meningkatkan jumlah wisatawan ke Kota Solok.

Selain itu, untuk mengikuti ADWI 2021, pengelola desa wisata terlebih dahulu mendaftar melalui website jadesta.com. Profil kampung wisata Payo dan Tanjung Paku dapat dilihat pada website tersebut.