IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Kota Padang Terima Penghargaan Internasional Melalui Dragon Boat

Perwakilan Internasional Dragon Boat Federation (IDBF), Jonathan Mayne (kanan) memberikan sertifikat penghargaan kepada Wali Kota Padang, Fauzi Bahar (kiri), saat pembukaan Festival Dragonboat Internasional di Padang, SumbarSuatu prestasi yang sangat membanggakan diraih oleh Kota Padang. Kota Padang rasanya boleh untuk berbangga diri dengan apa yang telah berhasil ia capai. Hal yang membanggakan tersebut adalah diterimanya penghargaan dunia oleh Kota Padang, yang diselenggarakan di Gor H Agus Salim, Jumat (8/6). Penghargaan tersebut diberikan langsung kepada Kota Padang oleh Internasional Dragon Boat Federation (IDBF), yaitu Badan Internasional untuk olahraga air tim Naga Boatracing.

IDBF adalah suatu organisasi yang didirikan oleh perwakilan dari Australia, Republik Rakyat Cina, Cina Taipei, Inggris, Hong Kong, Indonesia, Italia, Malaysia, Norwegia, Filipina, Singapura dan Amerika Serikat. Penghargaan yang diterima Kota Padang tersebut, adalah atas prestasi yang telah dilakukan Kota Padang yaitu satu-satunya Kota yang telah melakukan event International Dragon Boat sebanyak sebelas kali. Suatu prestasi yang belum pernah dicapai oleh kota manapun di Dunia.

Penyerahan penghargaan diberikan dalam bentuk sertifikat, yang diserahkan langsung oleh perwakilan IDBF, Jonathan Main, yang diterima oleh Walikota Padang, Fauzi Bahar. Menyambut penghargaan tersebut, Walikota Padang, Fauzi Bahar mengaku sangat senang atas penghargaan yang telah diterima oleh Kota Padang. Ia mengatakan bahwa hal tersebut adalah salah satu kemajuan, dan bukti kebangkitan Kota Padang pasca gempa 2009 silam. Tidak mau se-Sumbar, Fauzi Bahar mengaku tidak ingin melupakan jasa. Ia menyampaikan rasa terimakasih yang sangat besar kepada pendahulunya, yaitu Zuiyen Rais, Walikota yang pada periode 1999-2003. Sebagai pencetus event Dragon Boat Kota Padang pertama, yang juga hadir pada penyerahan penghargaan tersebut.

“Jujur, saya sangat senang atas prestasi yang telah diraih oleh Kota Padang pada saat ini. mKarena ini adalah suatu bukti, bahwa Kota Padang telah maju, dan bangkit pasca gempa yang telah melanda pada 2009 lalu. Namun, penghargaan rasanya tidak seharusnya diberikan kepada saya saja. Orang itu adalah pendahulu saya, Zuiyen Rais. Karena sebagai orang yang menjabat sebagai walikota pada 1999-2003, beliaulah yang mencetuskan, dan melahirkan event tahunan Kota Padang ini,” katanya (8/6).

Dalam kesempatan tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Azwar Abubakar yang hadir selaku pembuka secara resmi Dragoan Boat tersebut mengatakan, bahwa prestasi yang telah diraih Kota Padang sudah pasti tidak hanya akan berdampak terhadap Kota Padnag saja. Tapi pastinya akan berdampak kepada nama baik Indonesia dimata Internasional. Ia berharap agar Kota Padang tetap melanjutkan Dragon Boat tersebut, dan melaksanakan event-event yang serupa demi nama baik Indonesia, Khusunya Kota Padang sendiri.

“Saya sangat berterimakasih atas apa yang telah dilakukan Pemerintahan Kota Padang selama ini. Sehingga dapat mencapai prestasi di tingkat dunia seperti saat ini. Ini adalah hal yang membanggakan bukan hanya untuk masyarakat Kota Padang saja, tapi akan menjadi suatu kebanggan bagi Indonesia di mata dunia. Sehingga saya sangat berharap, agar Kota Padang terus melanjutkan event ini, dan menciptakan event-event yang serupa yang berguna bagi Indonesia, Sumatera Barat, dan Kota Padang. Terimakasih,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga tampak hadir Wakil Ketua DPRD Sumbar, Asli Chaidir, Wakil Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah, KONI SUmbar, puluhan SKPD Pemkot, dan Pemprov, Selain peresmian Dragoan Boat, pada kesempatan tersebut juga dilangsungkan pengguntingan pita tanda dibukanya secara resmi Padang Fair, yang juga diadakan di Gor H Agus Salim. Selamat untuk Kota Padang!