Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Kota Solok Terus Berbenah di Umur ke-46 Tahun


Kota solok – Letak geografis Kota Solok yang tepat berada di persimpangan lalu lintas utama menuju berbagai daerah di dalam maupun luar Provinsi Sumbar, menyodorkan sebuah potensi dan peluang yang besar bagi kota berjuluk Kota Beras Serambi Madinah ini.

Kota yang berada di lokasi strategis ini tentu kerap dilalui oleh wisatawan, Pedagang antar daerah maupun masyarakat dari daerah lainnya. Tak ayal kota Solok menjadi kota transit utama menuju ibukota Provinsi.

Namun peluang ini belum tergarap optimal beberapa kurun waktu terakhir. Minimnya fasilitas penunjang utama sebagai kawasan transit seperti penginapan yang representatif menjadikan kota Solok hanya mendapatkan polusi dan kabut dari arus lalu lintas.

Kota Perdagangan dan jasa yang diimpikan serasa semakin jauh dari kenyataan. Dengan minimnya fasilitas yang ada, Pemko Solok tak hanya berpangku tangan, berbagai usaha dan upaya terus dilakukan dengan mencari investor yang mau menanamkan modalnya di kota Solok.

Bangun Hotel Baru

Hasil tak akan mengingkari usaha, diusia Kota Solok yang beranjak semakin dewasa akhirnya usaha untuk mendatangkan investor oleh pemerintah kota Solok untuk menanamkan modalnya berbuah manis.

Tepat diusianya yang ke 46 tahun, Jumat 16 Desember 2016, Pembangunan hotel yang sudah lama diimpikan akhirnya diresmikan. Tanpa meninggalkan ciri khas Kota Solok, hotel tersebut dinamai dengan hotel “Anggrek Bareh Solok”.

Peresmian pembangunan hotel ini ditandai dengan peletakan batu pertama. Hadir dalam kesempatan itu, Walikota Solok H. Zul Elfian, Wakil Walikota Solok Ir. Reinier, Ketua DPRD Kota Solok Yutriscan, Kajari Solok Aliansyah, sejumlah pimpinan SKPD dan undangan lainnya.
Menurut Manajemen Hotel, Rusnaldi, Pemberian nama hotel, nama itu merupakan bentuk perhatian terhadap kebudayaan dan ciri khas daerah, sebab Kota Solok tidak bisa dilepaskan nama Beras Solok yang sudah menjadi Brand Image kota ini.

Nantinya, Hotel yang digadang gadang merupakan hotel terbaik di kota Solok tersebut akan dibangun dengan 4 tingkat, dengan puluhan kamar yang nyaman. Lobi hotel juga akan didesign dengan nuansa alam bareh Solok. selain itu juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Berbeda dengan hotel hotel biasanya, Hotel Anggrek bareh Solok yang dimiliki oleh H. Syarifudin ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas fasilitas olahraga, dan supermarket sehingga semua kebutuhan ada di satu tempat.

“Mudah-mudahan hotel ini mampu menjawab kebutuhan akan penginapan yang representatif di kota Solok yang selama ini diimpi-impikan,” kata Rusnaldi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok Yutriscan mengatakan ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan cita cita kota Solok menjadi Kota Perdagangan dan jasa. Apalagi banyak agenda besar yang akan dihelat di kota Solok.

Selama ini, sebutnya, ketika mengadakan event-event besar, Kota Solok selalu keteteran saat menyediakan fasilitas penginapan. Apalagi kedepan akan banyak agenda agenda besar bahkan juga bertaraf internasional.

“Dengan adanya hotel ini, akan sangat membantu memajukan perekonomian kota Solok. Tak hanya pengusaha hotel namun perekonomian masyarakat juga akan menanjak seiring dengan banyaknya yang datang dan menginap di hotel tersebut,” sebutnya.

Apalagi, tambah politisi Golkar ini, Pemerintah kota Solok menargetkan Kota beras ini bukan hanya sebagai daerah persinggahan atau transit namun juga menjadi kota tujuan. Oleh karena itu, dukungan semua pihak sangat dibutuhkan dalam mewujudkan cita cita tersebut.

Walikota Solok H. Zul Elfian Dt. Tianso mengatakan pemerintah kota Solok menargetkan tahun “Untuk menunjang lancarnya iklim investasi di kota Solok, Pemerintah kota Solok siap membantu dan memudahkan perizinan, kalau perizinannya berbelit tentu investor akan enggan menanamkan modalnya,” tuturnya.

Walikota juga sangat mengapresiasi pembangunan hotel yang terletak di kawasan Pandan Ujuang, Kota Solok. letaknya yang strategis diyakini akan sangat diminati oleh pengunjung.

“Mudah-mudahan dalam waktu paling lama dua tahun, hotel berbintang tiga ini sudah bisa dioperasikan,” pungkas Zul Elfian.

Resmikan Sejumlah Fasilitas

Dalam momentum ulang tahun, sejumlah fasilitas umum juga telah diresmikan oleh pemerintah Kota, diantaranya peresmian pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) yang dibangun di kawasan Laing, Peresmian Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Solok di Kawasan Bandar Panduang dan peresmian pemakaian sejumlah fasum lainnya yang sudah dibangun.

Pembangunan sejumlah fasilitas ini diharapkan akan semakin menggerakkan perekonomian daerah yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Solok sejak 16 Desember 1970 Silam.

Dalam momentum hari jadi yang ke 46 yang bersejarah bagi Kota yang bercita cita menjadi kota perdagangan dan jasa di wilayah Sumatera ini, berbagai kegiatan juga dilaksanakan dalam upaya menghadirkan pemerintah bagi masyarakat.

Berbagai hiburan, lomba, kesenian budaya lokal, ritual adat, serta pawai budaya, turut meramaikannya. Pada hari Kamis 15 Desember 2016, dilansungkan pawai budaya dan adat. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, baralek gadang Kota Solok kali ini diawali dengan prosesi pawai budaya dari 13 prosesi adat yang masih hidup di Kota Solok. dengan mengambil titik start dari terminal bareh Solok dan berakhir di kawasan RTH kota Solok.

Arak-arakan pawai budaya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Kegitan ini dihadiri lansung oleh Walikota Solok Zul Elfian, Wakil Walikota Solok Ir. Reinier, Ketua DPRD Yutriscan, Walikota Sawah Lunto, Unsur Forkompinda, Daulat Tuanku Rajo Alam Pagaruyung Mucdan Taher Bakri beserta permaisuri, unsur Ninik Mamak, Bundokanduang, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Tokoh Masyarakat, serta undangan lainnya.

Puncak dari perayaan Hari Jadi kota Solok ditutup dengan ritual makan baronjin yang dipusatkan di RTH kota Solok, berbagai unsur pejabat, masyarakat dan lainnya tumpah ruah memenuhi ruas jalan jendral Sudirman yang tepat berada didepan RTH kota Solok.