English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Kota Tua Padang

Kota Tua Padang sudah dibicarakan dari dahulu oleh sebagian orang yang berdomisili di Kota Padang. Bahkan sampai saat ini, masih terus dibicarakan dengan konten yang sama dengan fakta lapangan yang tidak jauh berbeda.

Kota Tua Padang atau yang juga dikenal sebagai Padang Lama adalah kawasan yang meliputi cagar budaya di sehiliran Sungai Batang Arau yang merupakan peradaban pertama di Kota Padang.

Kawasan Kota Tua tersebut meliputi Pelabuhan Muaro, Kelenteng, Pasa Batipuah, Stasiun Pulau Ayie, Pasa Mudiak, Ranah, Gantiang, Alang Laweh, Simpang Kinol, Pulau Karam.

Di dalamnya terdapat potensi gedung-gedung tua zaman Kolonial Belanda, masjid, kelenteng, pasar tradisional, pusat kuliner dan lain-lain. Semua itu, menjadi objek yang dicari banyak orang dengan tujuan wisata.

Tidak usah punya ekspektasi berlebihan, cukup satukan cerita sejarah Kota Tua kepada para wisatawan, tunjukan spot-spot menarik untuk berfoto dan untuk menikmati kuliner, ajak tour mulai dengan kendaraan sampai berjalan kaki jika perlu, dan informasikan event-event seperti Serak gulo, Cap Go Meh dan lain sebagainya, rasanya mereka akan menikmatinya.