English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Kuranji Juara Lomba Cipta Menu Makanan

Kantor Ketahanan Pangan Kota Padang kembali menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Serimbang Dan Aman (B2SA) antar kecamatan se Kota Padang di ruang Bagindo Aziz Chan, Rabu (19/8).

Masing masing kecamatan menampilkan beragam olahan makanan non beras dan non tepung di menja yang telah disedikan panitia, seperti Nasi Singkong, Juz Kemerdekaan, Sinsay Kuranji, Nasi Kentang, Puding Kemerdekaan, Juzz Daun Pangsit, Ikan Bungkus Kentang, Keladi Gulung Nano-Nano. Semua menu hidangan tersebut untuk sarapan pagi, makan siang, malam yang lezat.

Menurut Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, SP, bagaimana membiasakan memakan makanan yang menyehatkan badan serta sesuai dengan ukurannya. Takaran makanan anak kecil tidak sama dengan orang dewasa, termasuk kaum ibu. Ini juga penting dilakukan. Jadi itulah tuajuan memamakan makan beragam, bergizi, seimbang dan aman.
Soal rasa, ibu-ibu maupun bapak-bapak di Kota Padang juga mampu mengolah makanan dengan citra rasa yang lezat. Sehingga menimbulkan selera. Kreativitas mengolah masakan dari kota Padang telah ternama di wilayah nusantara ini, bahkan ke mancanegara.

Sedangkan Ketua TP PKK- Kota Padang Hj. Harneli Mahyeldi juga menyampaikan, semua makan non beras dan non tepung yang dilombakan itu enak dan lezat. Namun persoalannya adalah bagaiamana membiasakan keluarga menikmatinya serta merubah pola makan. Sebab orang minang, apa saja yang dinikmatinya hingga kenyang, harus juga makan nasi. Ini yang perlu dirubah.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Padang Tarmizi Ismail mengatakan, setiap manusia pasti ingin hidup sehat, sejahtera, aman dan produktif. Untuk hidup sehat dan produktif, memerlukan pangan berupa karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral.

Masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda, ada yang sebagai sumber tenaga, sumber zat pembangun dan sumber zat pengatur. Dulu dikenal dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna, seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan dan perubahan tingkat ekonomi saat ini dikenal pola makan beragam, bergizi, serimbang, dan aman bahkan sekarang telah disempurnakan menjadi B2SA (Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman).

Tujuannya lomba diadakan, memotivasi masyarakat mengkonsumsi makanan yang sehat, beragam, bergizi, serimbang dalam jumlah yang cukup, tidak berlebih. Ini perlu disosialisasi dan dikampanyekan terus menerus. Sehingga masyarakat memahaminya.
Sedangkan juri dari manager Ibis Hotel Jamal Muhammad juga menyampaikan, orang Padang memang pintar memasak, rasa tak perlu diragukan lagi. Kekhasan masakannya telah dirasakan orang dimana-mana, malahan orang luar negeripun menyukainya.

Makanya saat melakukan penilai pada Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Serimbang Dan Aman lidah harus jeli merasakannya. Tapi yang berhasil menjadi juara saat ini, juara pertama Kecamatan Kuranji, juara ke dua Kecamatan Nanggalo dan juara ketiga Padang Timur-*-Irwan Rais

Kuranji Juara Lomba Cipta Menu Makanan

By kababaikdotcom Updated: August 20, 2015


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});