English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

“Mandeh” Borong Tiga Penghargaan di Ajang Surfival 2019

Film “Mandeh” borong tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Sumbar Film Festival 2019, yakni kategori Film Terbaik, kategori Film Fiksi Terbaik dan kategori Ide Terbaik.

Malam penganugrahan tersebut berlangsung di Kyriad Bumi Minang Hotel pada Minggu (18/8).

Asisten sutradara film “Mandeh”, Adriyas Putra mengatakan bahwa film tersebut sudah digarap berbulan-bulan. Film tersebut juga merupakan tugas akhir para timnya di Institut Kesenian Jakarta yang berkolaborasi dengan Institut Seni Padang Panjang.

“Pra produksinya dari ide yang sudah lama, tapi serius digarap tiga sampai empat bulan. Untuk produksi dua setengah hari dan pasca-produksi sampai empat bulan,” terang Adriyas.

Selain itu, kategori film dokumenter terbaik pada ajang Surfival 2019 diraih “Bongo Lado” karya Andri Maijar dari rumah produksi Rumpun Creative. Film ini menyampaikan betapa Minangkabau memiliki keragaman tradisi terutama yang berkaitan dengan keagamaan.

Tradisi “Bungo Lado” adalah cara mengumpulkan sedekah oleh masyarakat Parit Malintang. Uniknya uang tersebut digantung pada sebuah ranting kayu selama lebih kurang satu minggu jelang peringatan Maulid Nabi.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) Oni Yulfian dalam sambutannya mengatakan bahwa Sumatera Barat tidak bisa dilupakan dari dunia perfilman di Indonesia.

“Bahkan beberapa film dari Sumatera Barat sudah berkiprah di tingkat nasional, seperti ‘Surau’ dan ‘Silek’serta ‘Liam dan Laila’ dan lainnya. Bahkan novel dari Sumbar banyak yang dijadikan film,” terang Oni.

Menurutnya, hal ini menunjukkan Sumbar memiliki potensi di bidang perfilman. Film mempunyai dampak dan berperan luar biasa, terutama dalam pelestarian budaya dan seni serta bidang film memiliki dampak menumbuhkan minat orang untuk berkunjung ke suatu destinasi di daerah tersebut.

Acara tersebut dihadiri oleh para pegiat film di Sumbar, komunitas-komunitas film hingga mahasiswa.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel