English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Menikmati Indahnya Pantai Pasir Jambak

Menikmati Indahnya Pantai Pasir Jambak

Kota Padang yang terletak di pinggir pantai mem­buatnya kaya de­ngan objek wisata pantai. Selain Pantai Padang, Pantai Carolina dan Pantai Nirwana, masih ada lagi Pantai Pasir Jambak yang terletak di Muaro Penjalinan, Kecamatan Koto Tangah.
Dari pusat kota Padang, pantai ini berjarak sekitar 14 km menuju arah utara atau di jalur antara Padang dan Bukittinggi. Letaknya memang sedikit agak ke dalam, karena dari Simpang Muaro Penjalinan masih harus menempuh perjalanan lagi sekitar 5 km ke dalamnya.

Pantai pasir yang panjang ini terletak di jalur antara Padang menuju Bukittinggi dengan perjalanan kurang dari setengah jam menggunakan kendaraan pribadi Anda akan tiba di pantai ini. Selain dengan motor/mobil pribadi ataupun rental, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang tujuannya ke Lubuk Buaya kemudian disambung angkutan langsung ke arah pantai. Pada jalur menuju Bukittinggi, sekitar di km 14 akan ada petunjuk jalan di mana Anda harus belok kiri menuju lokasi pantai. Tiket masuknya pun tak terlalu mahal, hanya Rp5.000 per orang.
Meski sedikit jauh, namun, pastinya Anda akan merasa terhibur akan keindahan alam yang bisa Anda dinikmati di Pantai Pasir Jambak ini. Menikmati deburan ombak yang memecah di pasir pantai yang bersih, atau bermain ombak bersama keluarga, atau juga duduk di pondok lesehan sambil menikmati air kelapa muda. Sewa satu pondok lesehan berikut tikar plastik untuk alas duduk Anda sekeluarga, hanya Rp10.000 sepanjang hari. Cukup murah bukan?
Jika Anda ingin salat, ada sebuah musala yang disediakan oleh pengelola pantai. Juga tersedia WC umum dengan tarif yang sangat murah hanya Rp1.000 untuk buang air kecil/besar dan Rp2.000 untuk mandi.
Di hari biasa, pengunjung tentunya masih sepi. Pantai ini akan semakin ramai pengunjungnya pada akhir pekan.

Pohon kelapa yang tumbuh di pantai tersebut, seolah membelah jalan yang bisa dilewati roda empat maupun roda dua. Jalanan menjadi sangat teduh, meski cuaca panas terik. Jika Anda ingin menikmati segarnya air kelapa muda juga bisa. Warung-warung yang berjejer di pinggir pantai, menjual kelapa muda yang sangat murah, hanya Rp5.000 per butir. Selain itu, juga ada makanan ringan serta mie instant dengan harga yang murah.
Liukan daun-daun pohon-pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pantai nan bersih ini, semakin menambah keindahan pantai Pasir Jambak.
Saat senja, sunset yang sangat indah akan bisa Anda nikmati. Matahari yang perlahan tenggelam ke lautan, membuat siluet yang sangat indah yang sangat saying untuk dilewatkan.

Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Pasir Jambak, jika Anda berkunjung ke Kota Padang.(*)