English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Menparekraf Naik Bendi

Menteri Periswisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno tiba di Desa Apar, Kota Pariaman, Sumatera Barat dan langsung naik bendi ke objek wisata untuk melihat langsung salah satu desa yang masuk ke dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Desa Apar Pariaman merupakan desa pertama yang kami kunjungi yang masuk ke dalam 50 besar ADWI 2021,” kata Sandiaga Uno saat ke Desa Pariaman, Jumat.

Dengan Menparekraf beserta rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 09.42 WIB lalu naik bendi yang merupakan transportasi tradisional berupa kereta yang ditarik oleh kuda.

Sementara Bendi di Pariaman sudah jarang digunakan, namun sekarang menjadi penunjang pariwisata karena digunakan sebagai moda transportasi untuk mengelilingi objek wisata di daerah itu.

Selain Memparekraf disambut oleh pemerintah setempat, kelompok sadar wisata Apar Mandiri, serta warga setempat, serta emak-emak.

Sandiaga Uno menyebutkan ada 70 ribu desa di Indonesia yang masuk ke dalam ADWI 1.831 desa dan sekarang sudah berada 50 besar yang salah satunya Desa Apar Kota Pariaman.

Di Desa Apar, menteri melihat sejumlah kegiatan mulai dari melihat atraksi beruk memetik kelapa, melihat anak penyu, mahelo pukek’ atau menarik jaring di pantai untuk menjaring ikan, menanam mangrove, menelusuri trek mangrove, hingga melihat pameran industri kecil menengah.

Sandiaga Uno juga sempat meminta Juara 1 Liga Dangdut Indonesia Iqbal yang merupakan warga setempat untuk menyanyikan sebuah lagu.

Dengan sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius mengatakan pihaknya bersyukur atas kedatangan menteri dan menjadikan daerah itu sebagai lokasi pertama untuk penilaian dalam ADWI 2021.

“Kami berharap Desa Apar menjadi yang terbaik dan menjadi percontohan untuk pengembangan desa wisata di Indonesia,” katanya.

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dijadwalkan mengunjungi Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) Jumat (27/8) guna melihat pengelolaan pariwisata di desa yang masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 itu.

“Hari ini ada tiga kegiatan di Desa Apar, salah satunya persiapan kedatangan Menparekraf besok,” kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Kamis dilansir dari antarasumbar.com.

Kegiatan lainnya yaitu penilaian dari Kemenparekraf terkait Desa Wisata Apar dan penilaian terhadap Kelompok Sadar Wisata Apar Mandiri dari Pemerintah Provinsi Sumbar.

Dengan kedatangan Menparekraf besok tersebut untuk melihat objek wisata Desa Apar diantaranya Sekolah Tinggi Ilmu Beruk, penangkaran penyu, dan hutan mangrove.

Tags:,