English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Mentawai Akan Bangun Seaport–Airstrip untuk Pengembangan Pariwisata Bertaraf Internasional

Sebagai destinasi wisata dunia dari Sumatera Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai terus membenahi dan mempercepat pembangunan di sektor tersebut, seperti transportasi Seaport–Airstrip.

Hal ini diketahui setelah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepulauan Mentawai menerbitkan Advice Planning/Rekomendasi Tata Ruang untuk Rencana Seaport–Airstrip oleh PT. Sama Sama Seaplane pada tanggal 8 Desember 2020 lalu.

Kepala Bappeda Mentawai, Dr. Naslindo Sirait menjelaskan, rencana Seaport-Airstrip berada di dua lokasi, yaitu di Teluk Katurei dan Silabu dan telah sesuai peruntukkannya dalam RTRW di Kepulauan Mentawai.

Adapun untuk manfaat diperoleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai sendiri, Naslindo mengatakan, adanya Seaport adalah untuk mendukung pengembangan pariwisata Mentawai dengan tersedianya alternatif akses transportasi yang cepat dan dekat dengan kawasan wisata yang menjadi destinasi wisatawan, baik nasional maupun mancanegara.

“Seaport ini juga dapat dimanfaatkan untuk pelayanan kemanusiaan, seperti evakuasi medis dan layanan darurat apapun,” ujar Naslindo pada Rabu (16/12).

Dikatakan juga bahwa berdasarkan proposal yang telah disampaikan oleh PT. Sama Sama Seaplane, pesawat digunakan adalah jenis pesawat Caravan Amphibian Cessna yang dapat mendarat di air dan tanah, dengan berkapasitas 12 penumpang.

Diketahui, pesawat jenis ini dapat berlabuh di dermaga apung dengan dampak lingkungan yang minimal.

“Memang untuk tahap pertama ini Seaport akan beroperasi di 2 lokasi tersebut, namun untuk tahap berikutnya PT. Sama Sama Seaplane merencanakan juga akan beroperasi di Tuapejat,” kata Naslindo.

Dengan diterbitkannya rekomendasi tata ruang ini, Naslindo Sirait menekankan, bahwa pemerintah daerah memberikan dukungan untuk rencana Seaport tersebut, agar dapat segera beroperasi terutama untuk mendukung pengembangan pariwisata kelas dunia di Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata Sumbar menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email: news@sumbar.travel

Informasi resmi Dinas Pariwisata Sumbar, bisa didapatkan di http://dispar.sumbarprov.go.id