English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

MFF 2020 akan Digelar Agustus Mendatang

Dinas Pariwisata (Dispar) Sumatera Barat akan mengadakan pagelaran Minangkabau Fashion Festival (MFF) 2020 pada 18 Agustus mendatang.

Iven tersebut merupakan bagian dari upaya Dispar Sumbar untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap nilai-nilai budaya tradisional. Selain itu, acara ini sebagai ajang untuk memotivasi masyarakat dalam mengembangkan dalam menggali potensi yang telah dimiliki.

“Ini adalah kalender iven Dispar Sumbar yang dilaksanakan setiap tahunnya. Dalam rangka melakukan pembinaan dan motivasi terhadap para pelaku usaha, khususnya di bidang fashion,” ujar Kasi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Perlindungan Usaha (PSDM PU) Dispar Sumbar, Agustin.

Acara tersebut mengusung tema ‘Majestic of Minangkabau’ yang akan memperlombakan empat ketegori. Yakni, lomba busana pengantin tradisional Minang, lomba busana muslim pesta, lomba motif batik Minang serta lomba aksesori Minang modifikasi.

Adapun persyaratan umum peserta adalah laki dan perempuan yang sehat fisik dan mental berusia minimal 17 tahun untuk pelajar SMA/SMK, mahasiswa, lembaga/instansi dan umum. Diutamakan yang pemula/kategori UMKM.

Setiap peserta wajib mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia dan melampirkan fotokopi KTP untuk lomba busana muslim pesta dan busana motif batik Minang. Sementara peserta yang memiliki KTP di luar Sumbar dapat mengikuti kategori lomba busana pengantin tradisional Minang dan aksesori Minang modifikasi.

Para peserta wajib menyerahkan sketsa berwarna dan diskripsi karya di kertas A4 yang berjilid sebanyak satu rangkap. Lalu untuk model, make-up dan manakin disiapkan oleh peserta (peserta yang lolos semua tahapan seleksi lomba) serta mengangkat khasanah budaya Minang.

Untuk teknis lomba, sketsa yang masuk ke panitia akan diseleksi dewan juri. Dewan juri akan memilih sebanyak 10 desain terbaik untuk masing-masing kategori lomba. Peserta yang lolos seleksi akan dipanggil panitia untuk melakukan wawancara.

Kemudian, peserta yang lolos wawancara diminta untuk mempersiapkan karya jadi selama dua bulan yang diserahkan paling lambat tujuh hari sebelum hari H. Atau pada 18 Agustus mendatang untuk dilakukan penilaian oleh dewan juri pada malam grand final.

Agustin menerangkan, iven ini menyediakan total hadiah sebesar Rp. 106,5 juta. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi kantor Dinas Pariwisata Sumbar.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel

Informasi resmi Dinas Pariwisata Sumbar, bisa didapatkan di http://dispar.sumbarprov.go.id/