Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Nagari Lubuk Gadang Timur

Lomba nagari berprestasi tingkat propinsi kembali digelar. Pada moment itu, Kabupaten Solok Selatan menjagokan Nagari Lubuk Gadang Timur, Kecamatan Sangir sebagai perwakilan.

Lubuk Gadang Timur menjadi utusan Solsel karena keunggulannya pada berbagai aspek. Salah satunya, terciptanya penyelenggaraan pemerintahan baik.

Tim Penilai Lomba Nagari Berprestasi dari propinsi, awal pekan lalu, datang mengunjungi nagari. Usai pembukaan acara di halaman SD Gaduang, unjuk kebolehan pun dilakukan.

Bupati Solsel, Muzni Zakaria dalam sambutannya mengatakan, di nagari tersebut terbinahubungan kerja yang harmonis antara pemerintahan nagari  lembaga-lembaga di tingkat nagari seperti Bamus nagari, KAN, TP PKK dan pemuda nagari.

“Pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat juga menjadi nilai plus dalam nagari ini,” kata Bupati.

Selain itu, Pemerintah Nagari Lubuk Gadang Timur juga memiliki komitmen tinggi dalam memajukan kehidupan ekonomi masyarakat di daerahnya, terutama melalui sektor pertanian. Lubuk Gadang Timur juga dinilai sebagai nagari yang aman dan tentram. Sebab, di daerah ini relatif jarang terjadi tindak kriminal, sehingga masyarakatnya hidup rukun dan nyaman.

Inovasi juga ditemukan di Lubuk Gadang Timur. Yakni berupa terobosan pengadaan lokasi pasar nagari, pencetakan sawah baru, pemberdayaan kelompok tani dan Gapoktan, pembangunan Lumbung Distribusi Pangan Nasional (LDPM), serta pengembangan objek wisata berbasis agrowisata. (*)