English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Ngalau Loguang

Kawasan wisata Aie Angek merupakan salah satu kawasan wisata di Kabupaten Sijunjung diharapkan mampu memancing arus wisatawan pada lebaran Idul Fitri 1430 H. Sebab, objek wisata alam (out bound) tidak kalah dari objek wisata di pulau Jawa dan Bali .

“Arus mudik dan balik lebaran kita manfaatkan untuk mendatangkan wisatawan sebanyak mungkin ke daerah ini. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah, “terang Ketua Sementara DPRD Sijunjung, Mukhlis R, Minggu (13/9).

Apalagi, daerah lansek manih ini memilik banyak tempat wisata yang dapat dikunjung. Dengan kondisi alam yang masih asri dan jauh dari polusi udara.

“Kita punya 26 kawasan wisata alam, 16 wisata budaya, tujuh wisata khusus dan tiga kawasan wisata buatan, “tukasnya.

Kawasan wisata alam dan petulangan yang sangat komplek, terdapat di Aieangek. Dikawasan ini tersimpan banyak objek wisata. Satu di antaranya adalah ngalau Loguang yang terletak di antara dua pemandian air panas serta hutan lindung yang dialiri air sungai Tanggalo.

Ngalau Loguang bisa di tempuh melalui jalan aspal sepanjang 14 Km dari pusat Kecamatan Sijunjung dan 20 km dari pusat kabupaten, Muaro Sijunjung. Lokasi dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat atau jalan kaki sambil menikmati keindahan alam wisata yang menawan.

Bagi yang hobi menelusuri goa, ngalau Loguang merupakan pilihan tepat, karena memiliki berbagai keunikan dengan panjang sekitar 7 Km. Mempunyai satu buah pintu masuk dilengkapi tangga pengaman serta enam buah jendela yang dapat digunakan sebagai pintu keluar.

Dalam ngalau ini juga dapat ditemukan ornamen yang indah berupa gelantungan Stalagtid dan Stalagnit secara bebas dengan berbagai bentuk dan warna yang mempesona. Serta suara gemercik air dari aliran sungai tempat hidup berbagai macam jenis ikan dan binatang jinak.

Ditengah ngalau terdapat hamparan luas dan bisa digunakan untuk kegiatan santai keluarga dan kelompok anak muda sebagai arena kemping. Udaranya sejuk berasal dari dalam ngalau serta suara kicauan dari berbagai jenis burung menambah nyaman kawasan ini. (*)