English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Pacu Kuda Alek Budaya di Padang Panjang

Pengurus Cabang Persatuan Olahraga Berkuda (Pordasi) Kota Padang Panjang menggelar event pacu kuda di Galanggang Bancah Laweh. Acara yang sarat akan budaya ini dibuka secara resmi oleh Pordasi Padang Panjang bersama ninik mamak dari 24 nagari di Padang Panjang dan X Koto.

Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, yang juga Ketua Pordasi Padang Panjang, menjelaskan, alek budaya nagari Padang Panjang tahun 2019 ini, menjadi event yang sangat ditunggu oleh masyarakat. Di mana kegiatan ini sudah vakum selama lima tahun terakhir dan tahun ini kembali dilaksanakan.

“Alhamdulillah, antusias masyarakat cukup tinggi. Untuk itu kita akan agendakan alek budaya nagari ini setiap tahunnya. Kita juga berharap, akan banyak lahir kuda dari Padang Panjang yang memiliki kecepatan yang baik dan bisa bersaing tingkat nasional,” ujar Fadly Amran.

Selain itu, Wako Padang Panjang juga mengapresiasi ninik mamak dari 24 nagari di Padang Panjang dan X Koto yang telah menyerahkan Galanggang Bancah Laweh kepada Pemerintah Kota dan Pordasi Padang Panjang. Dengan kerjasama tersebut, tentunya alek budaya Nagari Padang Panjang ini berlangsung semarak dan sukses.

Ketua Pordasi Sumbar, Ramlan Nurmatias, yang juga Walikota Bukittinggi, menyampaikan kebanggaanya terhadap Pordasi Padang Panjang yang telah melaksanakan pacu kuda alek budaya Nagari Padang Panjang. Ini menjadi satu kebangkitan luar biasa yang patut diapresiasi.

“Ini alek nagari yang sudah vakum selama lima tahun. Sekarang sudah kembali dilaksanakan pacu kuda di Padang Panjang ini. Kami lihat, dukungan Niniak Mamak dan masyarakatnya sendiri sangat tinggi. Ini tentu harus dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang,” ungkap Ramlan.

Acara ini diadakan selama dua hari, yakni Minggu – Senin (27-28/10). Pada hari pertama, pacuan kuada dilaksanakan sebanyak 11 race. Sedangkan pada hari kedua dilaksanakan sebanyak 12 race.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel