Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Padang Travel Mart, Pembuktian Keindahan Sumatera Barat di Mata Dunia

Sejumlah wisata di Sumatera Barat, seperti wisata alam, budaya, sejarah, dan kuliner, dalam waktu dekat ini akan dipromosikan melalui kegiatan Padang Travel Mart 2018 atau dikenal dengan Pasar Wisata Sumatera Barat.

Kegiatan yang dimotori oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat yang bekerjasama dengan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies – Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) ini, turut melibatkan sejumlah tour agen/tour operator, hotel, homestay, yang ada di Sumatera Barat, serta turut mengundangan tour agen travel dari luar negeri yakni Malaysia dan Singapura.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Didit P. Santoso, mengatakan Pasar Travel Mart 2018 merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata. Namun, kalau melihat ke daerah ataupun negara lainnya, kegiatan serupa telah lama dilakukan. Tujuannya jelas yakni untuk mengenalkan wisata di Sumatera Barat, baik kepada tour agen travel di dalam negeri, maupun yang datang dari luar negeri.

“Padang Travel Mart 2018 ini diselenggarakan mulai 19-21 Oktober 2018 mendatang. Target kita dengan diselenggarakannya Padang Travel Mart ini, para tour agen travel lebih mengenal dan memahami potensi wisata di Sumatera Barat. Makanya kita turut melibatkan ASITA dan PHRI,” katanya, Rabu (17/10).

Ia menegaskan, jika kegiatan Padang Travel Mart 2018 berjalan sukses dan memberikan dampak yang bagus bagi pariwisata di Sumatera Barat, maka berkemungkinan besar Padang Travel Mart di Sumatera Barat bisa diselenggarakan setiap tahunnya.

“Masih banyak potensi pariwisata di Sumatera Barat yang selama ini belum begitu dikenal oleh publik dengan baik. Jadi, jika setiap tahun Padang Travel Mart diselenggarakan, maka turut menggali potensi wisata yang ada di Minangkabau ini,” sebutnya.

Semetara itu Ketua DPD ASITA Sumatera Barat Ian Hanafiah menjelaskan dalam Padang Travel Mart akan hadir para tour agen travel yang bersifat seller dan buyers. Untuk seller sejauh ini yang telah mendaftar ada 44 seller, dan buyers 71 orang. Mereka datang dari dalam negeri dan juga luar negeri seperti Malaysia dan dari Singapura.

“Sebelumnya Thailand menyatakan keiukutsertaannya dalam Padang Travel Mart ini, namun ada kegiatan penting yang belum bisa membuat Thailand bergabung. Jadi hanya ada dua negara yakni Malaysia dan Singapura,” ujarnya.

Ian menyebutkan pariwisata yang nanti ditawarkan ke buyers beragam, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, dan kuliner. Karena dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat memiliki wisata yang berbeda pula.

https://kumparan.com 📷: sumbar.travel