English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Pameran Seni Rupa dan Festival di Tambud Sumbar Ramai Dikunjungi

Pameran Seni dan Festival yang diadakan di ruang pameran Galeri Seni Rupa Taman Budaya (Tambud) Sumatera Barat ramai dikunjungi oleh penikmat seni. Sejak dimulainya pameran tersebut dengan tema “Ralita Sosial” yang memiliki tiga rangkaian, pertama, #New Life yang diadakan pada 26 Agustus hingga 3 September 2020.

Kedua, #New Eksplorasi dilaksanakan 13-19 Sepetember 2020 dan ketiga, #Dimension Space yang akan berlangsung pada 4-10 Oktober 2020 mendatang.

Kepala Taman Budaya Sumatera Barat, Muasri mengungkapkan, sejalan tiga rangkaian pameran seni tersebut, sejak beberapa waktu terakhir juga di gelar sejumlah festival, di antaranya Festival Lagu Minang karya Sexri Budiman digelar pada 21-25 Agustus, Festival Komposisi Musik diadakan pada 5-6 September 2020, Festival Randai tingkat Sumatera Barat pada 17-19 September dan sejumlah kegiatan lain.

“Setiap kegiatan yang dilaksanakan bisa dilihat diamati, bahwa acara tersebut tentulah merujuk pada pencapaian nilai-nilai budaya yang ada di Sumatera Barat sekaligus berkorelasi untuk melindungi dan mengembangkan nilai ekspresi dan praktik seni rupa di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Muasri pada Minggu (20/9).

Selain itu, tambah Muasri, bahwa festival ini sekaligus sebagai wahana mewujudkan Praktik Kebudayaan Daerah (PKD) untuk menunjang Praktik Kebudayaan Nasional (PKN) 2020 sesuai amanah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan KebudayaanNasional serta dilandasi semangat Kemerdekaan RI ke-75.

“Pada sisi lain, tiga rangkaian pameran seni rupa secara visual dan sejumlah kegiatan maupun festival seni oleh Dinas Kebudayaan melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat juga memiliki peran strategis untuk meningkatkan apresiasi masyarakat dari semua lapisan dan golongan bernilai edukasi dan wahana pembelajaran untuk generasi muda juga menjadi media hiburan yang kaya dengan nilai-nilai di tengah-tengah bangsa ini menghadapi trauma Covid-19,” ujar Muasri.

Sementara itu, Muharyadi, salah seorang kurator pada acara tersebut menuturkan, bahwa dua pameran yang telah berlangsung #New Life dan #New Eksplorasi itu cukup menarik disimak dan disiasati sebagai sebuah dinamika berseni rupa secara sungguh-sungguh yang menyandang seperangkat nilai-nilai bermuatan ranah estetik dari apa yang diangkat dan diusung kepermukaan, baik isi karya, tema maupun pesan yang disampaikan.

Sementara pameran yang ketiga, #Dimension Space akan berlangsung pada 4-10 September 2020 mendatang di Taman Budaya Sumatera Barat akan diikuti oleh para seniman (perupa).


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata Sumbar menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email: news@sumbar.travel

Informasi resmi Dinas Pariwisata Sumbar, bisa didapatkan di http://dispar.sumbarprov.go.id