Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Pantai Sasak

Siang itu cuaca tak begitu panas, bahkan matahari pun seakan enggan menampakkan sinarnya. Namun Pantai Sasak tetap memberikan nuansa sejuk dengan pemandangan laut nan indah. Hamparan pasir putih disertai deburan ombak saling bersahutan laksana memanggil para pecinta pantai, untuk datang sembari menikmati keindahan pantai. Pantai Sasak Pasaman Barat (Pasbar), salah satu objek wisata memukau. Pantai indah yang landai berpasir putih dipastikan mampu memikat hati para penikmat suasana pantai. Keindahan pantai yang tetap terjaga, menjadikan masyarakat Pasbar tetap menjadikan pantai ini sebagai objek wisata unggulan. Namun sayangnya, belum terlalu dikenal di luar Pasbar.

Pantai yang dihiasi perkampungan nelayan tradisional masih begitu bersahaja dan butuh sentuhan untuk bisa berkembang lebih jauh. Pantai Sasak merupakan sebuah potensi besar yang dimiliki Pasaman Barat jika daerah ini dikelola dengan baik. Pantai yang didiami mayoritas masyarakat nelayan ini menyajikan kesejukan dengan kebersihan yang begitu memikat hati. Terpampang kehidupan anak nagari yang masih bersahaja dengan diwarnai jejeran pukat dan kapal-kapal nelayan. Hebatnya lagi, masyarakat tidak pernah memungut biaya masuk dan parkir. Mereka sepakat memberikan kesan yang baik bagi pengunjung. Selain menyajikan keindahan alam, minimal dalam setahun ada pesta pantai di Pantai Sasak. Pengunjung dihibur dengan berbagai jenis maninan.

Jika di pantai Padang ada jagung bakar, lantas apa makanan khas Pantai Sasak? Ikan bakar tenggiri. Tentunya bukan sembarang ikan bakar. Namun telah diselingi dengan berbagai bumbu khas Pasbar, tidak pedas namun gurih dilidah serta ditambah dengan samba lado hijau tentunya sangat menggugah selera siapa saja yang dapat mencicipinya. Menikmati santapan ala Pantai Sasak ikan bakar disertai dengan nasi dan sayur akan membuat siapa saja betah berlama-lama di pantai tersebut. Sembari duduk dengan hembusan angin sepoi-sepoi tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur.

Dapat dipastikan bagi siapa saja pengunjung yang untuk pertama kali menginjakan kaki Pantai Sasak akan mendapatkan sebuah kesan manis dan tak akan terlupakan. Sebuah pantai yang indah dan masyarakat yang ramah akan menjadi ciri khas Pantai Sasak. Kesan pertama yang begitu menggoda dan selanjutnya terserah Anda kalau tidak dihantui rasa penasaran jika tidak mengunjungi Pantai Sasak. Terlepas dari pantai yang indah, deburan ombak yang menggelegar disertai keramahtamahan masyarakatnya, pantai yang masih perawan masih menunggu sentuhan pemerintah dan investor untuk mengelola dengan baik dan menjadikannya salah satu tujuan wisata pantai di Sumatera Barat.

Jalan menuju pantai Sasak itu pun tidak terlalu sulit dan tidak memakan waktu yang terlalu lama. Dengan menaiki angkutan umum dengan ongkos Rp 7.000 saja kita sudah bisa sampai ke pantai tersebut, atau ada juga pilihan menggunakan ojek dan tentu ongkos lebih mahal. Potensi wisata menjanjikan ini terletak di Nagari Sasak Kecamatan Sasak, tepatnya di Pantai Barat Indonesia, berjarak 20 km dari pusat Kota Simpang Empat atau 140 km dari Kota Padang.(*)