English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Pariaman Internasional Triathlon ajang promosikan pariwisata

Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Genius Umar, mengatakan pelaksanaan even Pariaman Internasional Triathlon merupakan salah satu upaya daerah itu untuk terus mengenalkan berbagai potensi objek wisata setempat.

“Setiap tahunnya Kota Pariaman rutin mengadakan berbagai even pariwisata, salah satunya Pariaman internasional triathlon dengan melibatkan beberapa negara,” kata dia di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Sumbar, Kota Pariaman juga memfokuskan pelaksanaan even pariwisata berbasis olahraga atau sport tourism.

Hal itu lanjut dia, dinilai lebih mudah memancing minat para wisatawan dari berbagai daerah maupun negara lain untuk berkunjung dengan konsep wisata sekaligus berolahraga.

Apalagi katanya, pelaksanaan even Pariaman Internasional Triathlon 2018 memiliki konsep yang berbeda dari sebelumnya dengan melibatkan langsung para pejabat maupun pengusaha dari berbagai daerah.

Dengan menawarkan konsep wisata berbasis olahraga ujarnya, para wisatawan diharapkan tidak bosan sehingga betah meluangkan waktu lebih lama di Kota Pariaman.

Selain Pariaman Internasional Triathlon, pemerintah daerah juga akan mengagendakan secara rutin olahraga sepatu roda, tinju pantai, voli pantai dan lain sebagainya dengan konsep sport tourism.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman Elfis Candra mengatakan pada pelaksanaan even tersebut diikuti delapan negara.

“Delapan negara tersebut yaitu Prancis, Amerika Serikat, Jepang, India, Australia, Malaysia, New Zealand dan Indonesia sebagai tuan rumah,” kata dia.

Secara umum pelakasanaan even tersebut terbagi atas tiga kategori yaitu triathlon, duathlon dan executif relay triathlon, ujarnya.

Untuk kategori triathlon, para peserta harus berenang sejauh 1.500 meter, bersepeda 40 kilometer dan berlari 10 kilometer. Kemudian duathlon atau khusus pelajar yaitu berlari 15 kilometer dan bersepeda 40 kilometer.

Sedangkan kategori executif relay triathlon atau khusus bagi pejabat dan pengusaha para peserta harus berenang sejauh 50 meter, bersepeda 10 kilometer dan berlari 2,5 kilometer.

Sumber: sumbar.antaranews.com