Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Pariaman Perkuat Promosi Wisata Lewat Peragaan Gaya dan Busana

Pariaman – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menyatakan kegiatan Pariaman Fashion Parade yang dilaksanakan pada Sabtu (7/4) malam merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan sektor pariwisata di daerah itu ke tingkat nasional.

“Kegiatan Pariaman Fashion Parade setiap tahun rutin diadakan, hal tersebut juga dimanfaatkan langsung pemerintah daerah dalam mengenalkan berbagai objek pariwisata unggulan yang ada di Kota Pariaman,” kata Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, di Pariaman Minggu.

Ia mengatakan berbagai objek wisata unggulan yang dikenalkan seperti Pantai Gandoriah, Pantai Kata, wisata ke Pulau Angso Duo, pusat penangkaran penyu, serta pengenalan berbagai macam aneka kuliner tradisional seperti Kapalo Ikan dan Sala Lauak.

Kedatangan para peserta dan desainer nasional ke Kota Pariaman dalam kegiatan Pariaman Fashion Parade kata dia, secara tidak langsung melirik berbagai potensi pariwisata yang ada di Kota Pariaman.

Pihaknya berharap para desainer maupun peserta tersebut tidak hanya mengenalkan kerajinan sulaman dan bordir saja, tapi juga membantu mengenalkan berbagai objek pariwisata di provinsi tersebut terutama Kota Pariaman.

Ia menjelaskan kegiatan Pariaman Fashion Parade yang dilaksanakan sejak empat tahun terakhir dinilai cukup mampu mendongkrak kunjungan pariwisata.

Pada awal kota tersebut berdiri pada 2002, pemerintah daerah mencatat kurang lebih hanya terdapat 100 hingga 200 ribu pengunjung selama satu tahun kalender.

Namun lonjakan pengunjung dari berbagai daerah mulai meningkat terutama sejak beberapa tahun terakhir, pada 2017 Kota Pariaman mencatat kurang lebih tiga juta wisatawan telah mengunjungi kota itu, kata dia.

“Kunjungan pariwisata yang mulai meningkat harus bisa diselaraskan dengan berbagai hasil kerajinan daerah salah satunya sulaman dan bordir sehingga wisatawan yang datang bisa sekaligus berbelanja,” ujar dia.

Hal tersebut kata dia, tentunya berimbas langsung kepada sektor perekonomian masyarakat terutama di daerah objek wisata.

Staf Ahli Gubernur Sumbar Jefrinal Arifin, mengatakan pemerintah provinsi Sumbar mendukung penuh langkah Kota Pariaman dalam memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata.

Menurutnya selain bertujuan mempromosikan berbagai kerajinan asli Kota Pariaman, hal tersebut sekaligus berdampak pada sektor pariwisata daerah.

“Sumatera Barat dan Kota Pariaman secara khusus termasuk salah satu daerah yang mulai dilirik wisatawan dari berbagai negara dalam hal pariwisata, oleh karena itu pemerintah dan masyarakat harus bisa menangkap peluang tersebut,” ujar dia.

Sumber : sumbar.antaranews.com, pasbana.com