English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Pariwisata Sumbar Berpotensi Sebagai Penggerak Ekonomi

Pariwisata Sumatera Barat berpotensi menjadi salah satu sumber penggerak perekonomian baru. Ini didukung oleh meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Ranah Minang.

Berdasarkan catatan yang dihimpun Dinas Pariwisata, dilansir dari Portal Antara (7/1/2019), jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat pada 2018 diperkirakan mencapai 8,1 juta orang atau mengalami penambahan  tipis dari target 8 juta orang.

Dari 8,1 juta wisatawan tersebut terdiri atas 8.073.070 orang wisatawan nusantara (Wisnu) dan 57.638 orang wisatawan mancanegara (Wisman).

“Sementara jumlah Wisnu dan Wisman 2019 masih dalam proses penghitungan dari kabupaten/kota. Namun, melihat angka pada November 2019 lalu, diperkirakan Wisman bisa mencapai sekitar 57.000 orang dan Wisnu mencapai 8.000.000 orang,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Novrial, Jum’at (31/1).

“Untuk tahun 2020 bertambah satu juta orang menjadi sembilan juta orang berkunjung ke Sumbar. Sesuatu yang wajar, karena kinerja wisatawan nusantara tahun 2018 sudah mencapai 8,1 juta. Jadi, rasanya, dengan adanya event yang begitu padat di tahun 2020 wajar kita berharap lebih,” sambung Novrial.

Kadis Pariwisata Sumbar mengungkapkan, untuk 2020 kita lebih optimis, pertama untuk Wisman karena promosi mulai digencarkan melalui sales mission langsung di pasar potensial seperti Malaysia dan Singapura, melalui B to B meeting dengan memfasilitasi industri pariwisata dengan partner di luar negeri dan melalui promosi famtrip dan Medsos bersama.

“Untuk Wisnu kita akan konsentrasi optimalisasi MICE melalui surat gubernur ke kementerian/lembaga dan organisasi profesi, promosi ke perantau dan promosi event nasional Penastani, MTQ, Harganas, dll”, ujar Novrial.

Novrial juga sampaikan, sejauh ini minat wisatawan ke Sumbar relatif terjaga tinggi, namun yang perlu diperhatikan dengan saksama adalah konsistensi informasi tentang Calender of Event (CoE) dan informasi potensi Ekraf seperti kuliner, fashion dan seni pertunjukan yang semakin diminati wisatawan sebagai motif kunjungan selain objek destinasi alam.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel