English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Pasaman Barat Dipastikan Jadi Rute Baru dalam Tour de Singkarak 2014

tds 14Kabupaten Pasaman Barat dipastikan ikut menjadi salah satu rute dalam ajang tahunan balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) pada 2014 ini.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pasaman Barat, Afrizal Azhar di Simpang Ampek, Sabtu (18/1/2013), mengatakan berdasarkan rapat terakhir dengan penyelenggara maka Pasaman Barat dipastikan ikut menjadi salah satu rute Tds 2014.

“Jika sebelumnya kita hanya menjadi penonton maka untuk 2014 ini kita ingin berpartisipasi secara langsung. Saat ini kita akan mulai mempersiapkan diri sehingga nantinya bisa sukses,” kata dia.

Dia mengatakan persiapan dilakukan dengan mempersiapkan anggaran penyelenggarannya. Untuk saat ini pihaknya menyediakan sekitar Rp600 juta untuk menyambut ajang yang cukup mendapat perhatian baik secara nasional maupun internasional itu.

“Melalui ajang ini kami mengharapkan bisa mempromosikan Pasaman Barat dimata nasional atau internasional. Kita juga memiliki potensi di bidang pariwisata ataupun ikon lainnya seperti perkebunan, pertanian dan potensi laut,” kata dia.

Menurutnya sudah saatnya Pasaman Barat menjadi salah satu daerah yang bisa berpartisipasi dalam ajang internasional itu.

“Saat ini kita sudah mempersiapkan semua yang dibutuhkan termasuk anggarannya. Kesiapan ini tentu butuh dukungan semua pihak karena melalui ivent itu bisa membuat Pasaman Barat semakin dikenal di tingkat nasional maupun internasional,”ujar dia.

Dia mengatakan kepada panitia pihaknya salah satunya menawarkan rute dari Simpang Gudang Kebupaten Agam menuju Simpang Ampek Pasaman Barat.

“Kalau masalah rute tentu tergantung dari panitia berapa kilometer yang diberikan. Untuk saat ini kita siap berpartisipasi dalam ajang itu tahun depan,” tegas dia.

Pada TdS tahun 2013 lalu, Pasaman Barat termasuk salah satu daerah yang tidak ikut dilalui para pembalap bersama Kabupaten Mentawai padahal Pasaman Barat juga memiliki daerah wisata yang cukup indah.

Pantai Muaro Sasak merupakan salah satu objek wisata andalan Pasaman Barat yang terus akan dikembangkan. Pantai yang terletak sekitar 20 kilometer dari Kota Simpang Ampek tersebut terus dibenahi mulai dari infrastruktur jalan hingga sarana-prasarana yang ada.

Potensi Pantai Sasak yang tinggi tersebut membuat warga sekitar banyak yang membangun rumah sekaligus membuat warung untuk berjualan.
“Tentunya kita mengharapkan jika disetujui maka rutenya menempuh Pantai Sasak sehingga daerah wisata kita diketahui oleh pihak luar. Hal ini dalam rangka mempromosikan wisata yang ada,” jelas dia.

SUMBER : ranahberita.com – Sabtu, 18 Januari 2014 | 15:15 WIB