Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Pedagang di Tempat Wisata Pariaman Belum Peduli Kebersihan

Pariaman – Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman menilai kepedulian pedagang yang berjualan di lokasi wisata untuk menjaga kebersihan masih tergolong rendah.

“Buktinya sampah masih banyak berserakan di sejumlah tempat objek wisata Pariaman sehingga menganggu kenyamanan pengunjung,” kata dia, di Pariaman, Minggu.

Dari beberapa kali tinjauan di lapangan, sampah paling dominan yang dibuang sembarangan oleh pedagang adalah sampah kelapa muda.

Kelapa muda memang menjadi salah satu minuman favorit wisatawan terutama pada destinasi yang berada di pinggir pantai, karena itu pemerintah daerah melalui dinas telah menyiapkan tempat sampah untuk menampung sisa kelapa itu.

Namun belum semua pedagang yang memanfaatkan fasilitas yang disediakan itu, padahal selain tempat sampah, petugas juga sudah memberikan penyuluhan pentingnya kebersihan di lokasi wisata

Pemerintah daerah katanya, juga telah menyiapkan 300 personel tenaga kebersihan untuk menyapu, mengumpulkan seluruh sampah yang ada di kota itu.

Bahkan katanya, Kodim 0308 Pariaman dan Coca Cola Amatil Indonesia Central Sumatera Operation telah melaksanakan aksi bersih pulau beberapa waktu lalu.

Selain itu, dua instansi tersebut juga menyediakan 20 bak sampah permanen di Pulau Angso Duo dan Pantai Gandoriah untuk membersihkan sampah.

Wali kota dua periode tersebut menegaskan bagi pedagang yang masih membandel akan diberikan sanksi tegas bahkan tidak diizinkan berjualan apabila tidak mengikuti aturan pemerintah daerah.

Selain menempatkan beberapa orang petugas kebersihan pulau, pemerintah daerah juga berencana membuat program kebersihan khusus bagi pengunjung.

Nantinya setiap pengunjung ke tempat objek wisata pulau diberikan kantong plastik sehingga sisa makanan dan minuman tersebut dapat disimpan.

“Tujuannya agar menciptakan rasa malu dan kemandirian dari pengunjung itu sendiri sehingga tidak membuang sampah sembarangan lagi,” kata dia.

Sumber : antaranews.com