English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Pelukis Naturalis Agam Ini Kepincut Karikatur


AGAM – Nama Zaglul Fuadi mungkin tak asing lagi. Bagi sebagian masyarakat Bukittinggi dan Agam, Pensiunan PNS ini merupakan seorang seniman yang lebih dikenal sebagai pelukis aliran naturalis.

Belakangan ini ia malah lebih banyak membuat karikatur yang kemudian diposting di jejaring sosial. Berkembangnya pengaruh media sosial dalam empat tahun terakhir, seperti Facebook, membuatnya lebih tertarik dengan karikatur

“Setiap ada fenomena sosial yang menarik atau kejadian yang bikin heboh, saya bikin karikatur dan diposting lewat media sosial,” ujar Zaglul saat dikunjungi di Studio Lukis Pituluk Singkek yang berlokasi di Kampuang Budi, Jorong Pakan Sinayan, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam-Sumbar, Jumat 25 November 2016.

Disamping itu, menurutnya, proses waktu membuat karikatur lebih singkat sehingga membuatnya bisa mengerjakan pekerjaan lainnya dalam mengisi waktu luang sehabis pensiun pertengahan tahun ini.

“Untuk karikatur, saya sudah menghabiskan tiga rim kertas,” kata Zaglul yang saat ini masih mengajarkan teknik melukis kepada siswa-siswi di studio mungil miliknya yang didirikan pada 2007 silam.

Sedangkan untuk melukis naturalis yang berisi hal-hal yang berhubungan dengan alam, Zaglul sudah melukis sebanyak 90 kanvas kain ukuran 66 x 66 cm dan selalu mengikuti berbagai pameran.