English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Pemerintah Daerah Diminta Untuk Memersiapkan Infrastruktur Pariwisata

Padang Aro, (Antara Sumbar) – Pemerintah daerah kabupaten Solok Selatan, Sumatera barat dimainta oleh DPRD untuk mempersiapkan infrastruktur pendukung guna pengembangan wisata.

“Kita memiliki destinasi wisata yang banyak dan unik tetapi belum didukung infrastruktur memadai sehingga hal itu yang harus menjadi perhatian pemerintah setempat demi kemajuan pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata ketua DPRD Solok Selatan Sidik Ilyas di Padang Aro, Selasa.

Dengan ditariknya beberapa kewenangan kabupaten oleh provinsi, maka pengembangan wisata harus menjadi perioritas guna peningkatan perekonomian masyarakat.

Destinasi wisata Solok Selatan, katanya beragam jenis mulai dari wisata alam, budaya serta religi dan pemerintah harus bisa mengemas itu semenarik mungkin sehingga memiliki nilai jual.

Menurut ketua DPRD Solok Selatan Sidik Ilyas, Solok Selatan kaya akan tambang dan energi tetapi kewenangannya sudah ditarik ke provinsi sehingga perkembangan wisata harus menjadi perioritas guna peningkatan pendapatan masyarakat.

Sidik Ilyas mengatakan bahwa pemerintah setempat harus lebih agresif lagi supaya jalan nasional yang berada di Solok Selatan bisa diperbaiki pada 2017.

Dia juga mengatakan bahwa yang menjadi kendalanya adalah kondisi jalan nasional yang sudah rusak parah dan harus segera diperbaiki.
Demi menambahkan kemajuan pariwisata Solok Selatan, maka harus terbuka terhadap investor sehingga kemajuannya bisa lebih cepat.

“Pengelolaan pariwisata secara profesional tentu saja akan membuat perkembangan lebih cepat dan yang potensial dikelola masyarakat berikan pada mereka sehingga ada keseimbangan,” jelasnya.

Terkait pokok-pokok dana pikiran rakyat, dia mengatakan, sebetulnya tidak ada tetapi hanya hasil reses DPRD yang dimasukkan dalam APBD.

“Legislatif sangat mendukung perkembangan wisata Solok Selatan,” katanya.

Wakil Bupati Solok Selatan Sebelumnya, Abdul Rahman berharap dukungan DPRD dalam membangun kepariwisataan di daerah melalui pokok-pokok pikirannya.

“Kami akan fokus membangun kepariwisataan pada 2017. Semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang terkait akan kami arahkan untuk gotong royong membangun pariwisata,” ujarnya.

Andil DPRD dalam membangun pariwisata, berharap bisa sejalan dengan program pemerintah setempat dalam membangun kepariwisataan.

“Jika membangun sendiri-sendiri, rencana pembangunan pariwisata akan lama selesai,” katanya


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});