Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Pemkot Bukittinggi siap sukseskan Tour de Singkarak 2014

Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), telah siap menyukseskan Tour de Singkarak (TdS) tahun 2014, kata pejabat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Persiapan untuk menyukseskan TdS tersebut sudah 90 persen. Sedangkan dana telah dialokasikan untuk itu sebesar Rp515.359.000 juta pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD),” kata Leni Herlinda Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi, Rabu.

Jadwal TdS pada 7 – 15 Juni 2014 dengan rute 18 Kabupaten/kota dengan sembilan etape. TdS direncanakan dibuka pada 6 Juni 2014 di Pantai Tiram Kabupaten Padang Pariaman itu, diikuti 20 tim (16 peserta dari luar negeri dan empat nasional).

“Total hadiah sebesar Rp1,3 miliar. Grand start TdS etape pertama (116 Km) pada 7 Juni di Kabupaten Padang Pariaman dan finis di Kota Pariaman. Para peserta antara lain menginap di Kota Bukittinggi,” katanya.

Etape II (133 Km) direncanakan tanggal 8 Juni, dimulai di Pasaman dan finis di Pasaman Barat dan menginap di Bukittinggi.

Etape III (133 Km) pada 9 Juni dengan dimulai di Limapuluh Kota dan finis di Tanah Datar dan juga menginap di Bukittinggi, katanya.

Etape IV (181 Km) tanggal 10 Juni dimulai di Bukittinggi dan finis di Puncak Lawang Kabupaten Agam.

Etape V (135 Km) pada 11 Juni start di Payakumbuh dan finis di Kabupaten Solok.

Etape VI (135 Km) pada 12 Juni dimulai di Padang Panjang dan finis di Kota Solok.

Etape VII (115 Km) pada 13 Juni dimuai di Sijunjung dan finis di Dharmasraya.

Etape VIII (177 Km) pada 14 Juni dimulai di Sawahlunto dan finis di Solok Selatan.

Etape IX (125 Km) pada 15 Juni dengan star di Pesisir Selatan dan finis di Padang.

Pada start etape IV di Bukittinggi itu, katanya, rute yang dilalui (start di pelantaran Jam Gadang tepatnya depan BRI) Jl. A. Yani (di bawah Jembatan Limpapeh) menuju Simpang Tembok, terus ke Jalan Veteran, Jirek, Luak Anyir, Kantor Balai Kota, Jalan Raya By Pass.

Selanjutnya, katanya, menuju Simpang Surau Gadang terus Jalan Mandiangin, Simpang Mandiangin, Jalan Soekarno Hatta menuju depan Masjid Baitul Jalal terus melewati rumah kelahiran Bung Hatta terus ke Pasar Banto, Jalan Pemuda, Jalan Kesehatan, Jalan A. Rivai (depan RSAM), Jalan Panorama menuju Simpang DPRD terus ke Simpang Kangkung, Jalan Sudirman menuju batas kota dan finis di Puncak Lawang, Kabupaten Agam.

Sumber : antaranews.com – Rabu, 21 Mei 2014 07:49 WIB