English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Pesisir Selatan bakal bangun area parkir di Mandeh

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal membangun areal perparkiran yang representatif di lahan lebih kurang seluas satu hektare di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, tepatnya di Nagari (Desa Adat) Carocok Anau, daerah setempat pada 2019.

“Parkir merupakan salah satu hal yang dibutuhkan di lokasi wisata, makanya kami berencana membangun parkir yang representatif di Mandeh,” kata dia di Painan, Senin.

Menurutnya, dengan adanya parkir yang representatif maka wisatawan akan lebih nyaman karena tidak lagi memarkirkan kendaraannya di lokasi-lokasi yang disediakan warga atau menumpang ke rumah warga sekitar.

Mewujudkan hal itu pihaknya bakal merelokasi rumah-rumah warga yang berada di lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat parkir.

Terkait relokasi pihaknya bakal menyiapkan rumah baru bagi warga yang terdampak, sehingga kelanjutan pembangunan tidak berdampak buruk terhadap masyarakat.

Ia menyebut sebagian lokasi yang akan dijadikan tempat parkir merupakan pelabuhan zaman penjajahan sehingga tidak ada yang memilikinya, sementara sebagian lagi memang merupakan milik warga setempat.

Menyikapinya, dia telah meminta wali nagari mendata warga-warga pemilik tanah sehingga tidak ada oknum warga yang mengambil kesempatan dari rencana itu.

Ia menambahkan, sesuai rencana areal parkir nantinya juga akan dilengkapi dengan taman-taman sehingga menjadi lebih indah dan menarik.

“Kunjungan wisata ke Mandeh terus meningkat, apalagi jika Kawasan Ekonomi Khusus rampung maka kunjungannya akan semakin meningkat untuk itu sarana dan prasarana pendukung mesti disiapkan,” katanya.

Dengan begitu diharapkan pembangunan di lokasi lebih terarah tanpa adanya tumpang-tindih dan saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.

Sumber: sumbar.antaranews.com