English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Pesisir Selatan Dipersiapkan Jadi jalur internasional Tour de Singkarak 2014 Etape IX

tds pesselTiga kecamatan di sepanjang jalan lintas barat Sumatera di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dipersiapkan menjadi jalur yang akan dilewati para pebalap sepeda internasional Tour de Singkarak 2014 Etape IX.

Wakil Bupati Pesisir Selatan Editiawarman di Painan, Minggu (27/4), mengatakan tiga kecamatan yang akan dilewati jalur etape IX itu yakni IV Jurai, Bayang, dan Koto XI Tarusan.

“Berbeda dengan tahun lalu, kami mendapat tempat sebagai garis finis pada etape VI setelah star dari Kota Pariaman. Namun pada TdS tahun ini kita mendapat tempat untuk star di etape IX dan finis di Kota padang, ” katanya.

Pada TdS 2014 etape IX, para pebalap sepeda internasional itu akan berpacu kekuatan mendayung sepedanya mulai (star) dari Painan (Ibu Kabupaten Pesisir Selatan) dan finis (berakhir) di Kota Padang. Jarak tempuh yang akan dilewati para pebalap pada etape IX yakni sepanjang 78 kilometer.

Menurutnya, jalur utama di tiga kecamatan itu sudah siap untuk dilalui para pebalap. Namun, pemerintah kabupaten (pemkab) setempat juga akan melakukan berbagai persiapan lainnya yang dirasakan penting sesuai kebutuhan seperti pemasangan rambu-rambu atau petunjuk arah.

“Hingga kini pemkab tengah mempersiapkan prasarana pendukung, mulai dari jalan, rambu-rambu atau petunjuk arah dan pengamanan lainnya bagi peserta TdS, ” katanya.

TdS bukan hanya sekedar ajang lomba balap sepeda semata, tapi juga sebagai ajang promosi daerah khususnya pariwisata yang ada di kabupaten itu.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Pesisir Selatan Gunawan, mengatakan, acara pembukaan dan grand start (etape I) akan digelar di Kabupaten Padang Pariaman pada 6 Juni 2014. Sementara, grand finis (etape IX) dan penutupan akan berlangsung di Kota Padang.

“Rute iven balap sepeda internasional TdS di Sumbar yang digelar pada 7-15 Juni 2014 akan menempuh jarak sejauh 1.250 kilometer, ” katanya.

Tambahnya, ada 18 daerah di Sumbar yang akan menjadi lokasi start dan finish dalam ajang balap sepeda internasional itu. Daerah itu adalah Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Seterusnya Kabupaten Tanah Datar, Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Payakumbuh, Kabupaten Solok, Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kota Sawahlunto, Kabuaten Solok Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang.

SUMBER : rimanews.com – Minggu, 27 April 2014 | 15:27 wib